Peduli Peningkatan SDM Dan Ekonomi Daerah, Bupati Purwakarta Hadiri Sosialisasi Program Magang Ke Jepang

26/06/2021 21:51

PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Dalam rangka meningkatkan SDM dan Ekonomi daerah, Pemerintahan Kabupaten Purwakarta Peduli, melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait, salah satunya melalui Program Magang ke Jepang, yang merupakan program kerjasama Kemenaker RI dengan Perusahaan dari Negeri Jepang, yang sosialisasinya digelar oleh Pondok Pesantren Mamba’ul ulum, Sabtu (26/06/2021).

Menurut perwakilan Kemenaker, program yang merupakan kerja sama antara Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan IM Japan tersebut sangat dibutuhkan, ditengah merosotnya ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Namun, Indonesia merupakan negara yang Sumber Daya Alamnya sangat melimpah, oleh karena itu yang harus dipersiapkan adalah Sumber Daya Manusianya untuk mengelolanya dengan profesional.

“Kemenaker telah menjalin kerjasama dengan IM Japan untuk bersama-sama memberikan kesempatan kepada rakyat Indonesia, termasuk masyarakat Kabupaten Purwakarta untuk diberangkatkan ke Jepang, tentunya dengan menempuh semua persyaratan dan verifikasi yang telah ditentukan,” tuturnya.

Sementara menurut Perwakilan dari  IM Japan, Mr.Hidatake Tamura, banyak peserta magang yang berasal dari Negara Indonesia telah sukses di Jepang dan di negaranya sendiri, karena bekerja dengan penuh kejujuran dan keuletan.

“Kami dari IM Japan akan selalu bekerjasama dengan Pemerintahan Indonesia agar dapat membantu meningkatkan SDM dan perekonomian masyarakat, silahkan kami terbuka untuk siapapun yang berminat mengikuti program ini. ” ungkap Mr.Hidatake Tamura.

Diakuinya memang tidak mudah dan perlu waktu untuk bisa berangkat ke Jepang, karena harus melalui proses-proses yang telah ditentukan, salah satunya adalah pelatihan dan pembelajaran bahasa, aturan kerja dan lain-lain.

“Program ini murni melalui berbagai proses dan tes, sama sekali tidak dapat di intimidasi, karena kami tidak mau mengambil resiko apabila pemagang nanti tidak siap, harapan saya, banyak masyarakat dari Kabupaten Purwakarta ikut serta dalam program ini, karena kami tidak membatasi kuota pendaftaran,” kata Mr.Hidatake.

Menanggapi hal tersebut Bupati Purwakarta Ambu Anne Ratnamustika menyatakan setuju atas konten-konten yang telah dibuat oleh Kemenaker.

Dikatakan Ambu, sebelumnya Pemerintahan Kabupaten Purwakarta telah bekerjasama dengan Perusahaan Jepang, dan sampai saat ini masih berjalan.

“Walapun LPP Kabupaten Purwakarta sekarang kecil namun sudah ada kemajuan, terutama di bidang pertanian dan lainnya, laju pertumbuhan penduduk harus seimbang dengan laju pertumbuhan Ekonomi. ” ucap Ambu.

Bupati mengingatkan agar selalu patuhi Protokol Kesehatan (Prokes), karena saat ini dampak dari Virus Covid-19 Kabupaten Purwakarta sedang meningkat.

“Atas nama Pemerintahan Kabupaten Purwakarta, saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf atas kekuranganya. Yang pasti beliau mengucapkan akan selalu siap untuk membantu masyarakatnya yang ingin berangkat dan bekerja ke Jepang,” ucapnya.

Dikatakan, sebagai Ketua Satgas Covid-19, dirinya akan melakukan berbagai upaya pengendalian Covid-19, agar pertumbuhan ekonomi kembali normal, oleh karena itu, Marilah kita bersama-sama bersholawat, memohon agar situasi ini segera berlalu. ” pungkas Ambu Anne Ratna Mustika. (Dwi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x