Optimalkan Pelayanan Wisatawan, Polres Sukabumi Kerahkan Dua Kapal Patroli Pantai

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Ribuan wisatawan terpantau memadati pantai kawasan wisata pantai di Kabupaten Sukabumi pada H + 8 liburan lebaran hari raya Idhul Fitri. Minggu (30/04/23).

Terpantau arus wisatawsan yang ingin berwisata ke pantai sudah datang sejak pagi hari dengan menggunakan berbagai kendaraan baik roda empat maupun roda dua, memenuhi ruas jalan utama Sukabumi ke Palabuhanratu.

Kapolres Sukabumi AKBP. Maruly Pardede AA DEDE melalui Kasi Humas Polres Sukabumi Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan, Polres Sukabumi telah memprediksi akan ada peningkatan kegiatan masyarakat yang akan berwisata ke kawasan pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Untuk menghadapi kepadatan arus kendaraan dan wisata Minggu akhir pekan ini, Polres Sukabumi telah mempersiapkan pengamanan wisata pantai ( Life guard), bahkan untuk memperkuat pengamanan dipantai, kami juga mensiagakan satu unit Kapal patroli guna melakukan monitoring dan himbaun dar laut kepada para wisatawan,” jelas Aah.

Sedangkan untuk mengurai kemacetan arus lalulintas menurut Aah, pihaknya telah menyiagakan personil guna melakukan penjagaan dan pengaturan lalulintas serta beberapa kebijakan taktis dilapangan yang disesuaikan dengan situasi dilapangan.

“Untuk mengurangi kepadatan volume kendaraan, kami juga menerapkan kebijakan one way dari kawasan wisata menuju Palabuhanratu yang berlaku selama 2 jam dari mulai pukul 14,00 WIB sore,” jelasnya.

Menurut Aah, Kapolres Sukabumi AKBP. Maruly Pardede, sempat melaksanakan pemantauan kawasan wisata dengan menumpang Kapal patroli diseputaran perairan Pantai Citepus Kecamatan Palabuhanratu sampai dengan pantai Karang Hawu Dewasa/Kecamatan Cisolok.

Berdasakan data Polres Sukabumi telah mencatat Wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata pantai di Kabupaten Sukabumi Minggu, (30/4/2023 sampai pukul 17.00 wib, dengan rincian sebagai berikut jumlah Wisatawan sebanyak 19.200 orang, jumlah kendaraan bermotor, roda dua sebanyak 4.019 unit, kendaraan roda empat sebanyak 1.779 unit dan kendaraan bermotor jenis Truk engkel/Minibus kecil sebanyak 31 unit. (Sopandi)