Opstib, Bambang, “Wujudkan Ketertiban, Kenyamanan Umum, Estetika Dan Sapta Pesina Pariwisata”

29/10/2021 19:39

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi kembali gelar operasi penertiban (Opstib) ditempat tempat yang masuk dalam kawasan tertib Pedagang Kaki Lima. Dalam operasi kali ini dilakukan penertiban di kawasan Muara Citepus dan areal Masuk Pasar Semi Modern Palabuhanratu, Kamis (28/10/2021).

Operasi Penertiban yanh dilakukan jajaran Satpol PP ini melibatkan unsur TNI, Polri, Dishub, DLH, PLN, Aparat Kelurahan Palabuhanratu dan Desa Citepus .

Kegiatan penertiban PKL ini di laksanakan sesuai prosedur yang mana sebelum penertiban dilayangkan Surat Teguran 1 s/d 3 Perda Nomor 3 tahun 2018 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 10 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Perda Nomor 6 tahun 2010 tentang Ijin Mendirikan Bangunan serta Perbup Nomor 116 Tahun 2016 tentang Tata Cara Tindakan Penertiban.

” selain regulasi tersebut, kita juga memiliki SOP yang mengacu pada Perbup Nomor 87 tahun 2018 tentang Kawasasn Tertib PKL, tentu dalam menjalankan Tufoksinya Kami konsisten menegakan aturan demi ketertiban dan kenyaman bersama” ungkap Sekretaris Satpol PP Kabupaten Sukabumi, M. Bambang DL yang memimpin operasi gabungan tersebut.

Bambang juga berharap semua pihak memahami bahwa penertiban bukan saja menegakan aturan tetapi diproykesikan untuk kepentingan yang lebih besar menyangkut masyarakat umum.

” Sebagai daerah Wisata, Palabuhanratu yang juga ibukota Sukabumi perlu ditata dengan baik, sebagaimana prasyarat sapta pesona pariwisata, ketika terwujud akan menarik minat banyak wisatawan baik dalam dan luar negeri, maka peluang ekonomi akan menjadi lebih besar dan bisa dimanfaatkan oleh lebih banyak orang khususnya penduduk yang ada di kawasan Palabuhanratu,”tambahnya.

Terkait wilayah Muara Citepus dan areal masuk Pasar Semi Modern Palabuhanratu dijadikan titik Penertiban, Bambang menyebut tak hanya soal kenyamanan, estetika dan kemudahan akses tapi mempertimbangkan banyak aspek.

” kelancaran lalulintas, memimalisir kemungkinan kecelakaan, semua itu untuk kepentingan bersama, karenanya saya mangajak, mari kita jaga dan pelihara kenyamanan dan ketertiban Palabuahnaratu sebagai Ibukota Kabupaten dan daerah pariwisata sehingga kenyamanan dan keindahannya,” jelasnya.

Untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan berkelanjutan khususnya diwilayah Palabuhanratu, Sekretaris Satpol PP menyatakan rencana taktis kedepannya, yakni membuat pos gabungan yang berfungsi korordiansi, pembinaan dan pengawasan. (Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x