Masyarakat Gembira Meriahkan Upacara Taptu Tingkat Kabupaten Sukabumi

17/08/2022 12:38

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Masyarakat di Palabuhanratu mengikuti upacara Taptu dalam rangka HUT ke -77 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Sukabumi, Selasa, 16 Agustus 2022. Mereka yang mengikuti upacara taptu di depan Pendopo Palabuhanratu itu, terdiri dari TNI, Polri, Perangkat Daerah, Ormas, hingga masyarakat.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah bertugas selaku inspektur upacara. Taptu juga dihadiri oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama Forkopimda.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pelepasan pawai obor oleh Forkopimda. Di mana, rute pawai obor dimulai dari Jalan Siliwangi, Pasar Palabuhanratu, Pangsor, dan kembali ke Jalan Siliwangi.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, upacara Taptu dan pawai obor merupakan bagian tak terpisahkan dari peringatan HUT Kemerdekaan RI. Hal itu sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.

“Kegiatan ini pun menjadi salah satu cara mengobarkan semangat para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan karya nyata dan aktivitas positif, sehingga memberi manfaat bagi dirinya, keluarga, daerah dan bangsa ,” ujarnya.

Sementara itu, Warga Palabuhanratu Mira mengaku senang adanya upacara taptu dan pawai obor karena merasakan hikmah kemerdekaan sekaligus bergembira bersama warga masyarakat lainnya.

“Kalau tidak salah, kegiatan ini baru ada lagi setelah terhenti akibat pandemi covid 19. Alhamdulillah, ini menjadi ajang kegembiraan bagi kami warga Palabuhanratu,” ucapnya.

Diketahui taptu adalah tradisi dimalam kemerdekaan bernuansa patriotisme dengan kegiatan diantaranya pawai obor yang di ikuti oleh berbagai unsur di iringi lagu perjuangan.

Tradisi Taptu memiliki esensi membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat, mempertahan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, serta mengenang dan menghormati pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x