Longsor Di Desa Jayanti,Satu Unit Rumah Terhantam Longsoran TPT

27/10/2022 11:42

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Satu unit rumah warga Kampung Bagbagan, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, rusak tertimpa material tanah dan puing berasal dari tembok penahan tebing (TPT) yang longsor, Selasa (25/10/2022), malam, akibat  intensitas curah tinggi yang mengguyur wilayah Kecamatan Palabuhanratu sejak sore hingga pagi.

Berdasar informasi di lapangan, material tanah longsoran menimpa atap rumah warga yang berada tepat di bawah TPT hingga rusak berat. Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka yang menimpa penghuni rumah dalam kejadian tersebut.

Esok harinya, perangkat desa dibantu warga setempat bergotong royong membersihkan genting rumah yang pecah akibat terkena longsor. Sebagian memperbaiki kayu penyangga atap dan merapikan kembali genting-genting rumah yang bergeser. Gotong royong salah satu upaya penanganan sementara pascalongsor.

“Ada satu rumah warga yang terdampak bencana longsor. Kami sudah mengerahkan warga untuk bergotong royong membersihkan lumpur dan pecahan genting rumah,” kata Kepala Desa Jayanti, Nandang, kepada wartawan, Rabu 26 Oktober 20220.

Nandang mengaku, sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan perangkat Kecamatan Palabuhanratu untuk penanganan selanjutnya. Bencana longsor di Kampung Bagbagan perlu penanganan serius dari instansi terkait karena khawatir akan berdampak terhadap rumah warga lainnya.

“Kami usul ke dinas teknis terkait supaya TPT yang roboh dibangun kembali. Fungsi TPT untuk menahan tebing agar tidak terjadi longsor lagi saat turun hujan,” jelasnya.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Palabuhanratu, U Nuryaman, menyebut, longsor di Kampung Bagbagan menyebabkan satu unit rumah rusak ringan dan dua lainnya terancam. Sedangkan TPT yang roboh memiliki tinggi 7 meter dan panjang 7 meter.

“Material dari longsor juga sempat menutup akses jalan perkampungan. Sekarang sudah dibersihkan secara bergotong royong,” tandasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Jayanti, H Daseng mengapresiasi kesigapan kepala desa menangani bencana longsor dan bergotong royong memperbaiki rumah warganya yang terkena musibah. Penanganan sementara bencana yang dilakukan aparatur pemerintah desa tersebut langkah positif desa dalam membantu warganya.

“Kami mendukung kebijakan-kebijakan aparatur pemerintah Desa Jayanti yang melayani dan melindungi warganya dari hal apapun,” pungkasya. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x