Ketua BPIP RI Takjub Dengan Aksi Jawara Ciamis Pada Peringatan Harlah Pancasila

KAB. CIAMIS, jurnalisbicara.com – Para Budayawan Ciamis menggelar acara seni dan budaya dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, yang merupakan peringatan penting bagi masyarakat Indonesia untuk menghormati dan mengenang Pancasila sebagai Dasar Negara RI, bertempat di Taman Lokasana Ciamis, Minggu (4/5/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. berkesempatan menyaksikan aksi Debus yang dilakukan oleh para budayawan dan jawara Ciamis.

Yudian mengaku takjub dengan aksi debus yang dipertontonkan para jawara, Dirinya mengatakan bahwa pada jaman penjajahan dahulu bangsa Indonesia tidak mempunyai teknologi militer yang canggih. Namun hadirnya para jawara dapat membebaskan bangsa dari para penjajah.

“Luar biasa, saya tahu ini ilmu ghaib. Tadi saya meneteskan air mata terharu, mengingat kita dahulu tidak punya teknologi militer, tetapi kita bisa membebaskan bangsa kita dari penjajahan. Itu lah salah satu peran para jawara, dimasa penjajahan dahulu, ” ujarnya.

Yudian mengucapkan terimakasih kepada para budayawan atau para jawara. Karena telah melestarikan budaya dan keutuhan Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada para budayawan atau jawara ini yang telah mempertahankan kebudayaan dan demi keutuhan republik Indonesia, harga yang sangat mahal,” ucapnya. (Heryadi)

Baca Juga :  Puluhan Orangtua Siswa SMK Al-Bashry Palabuhanratu Datangi Mantan Kepala Sekolah, Pertanyakan Dana Tabungan Siswa