Jelang Lebaran Aparat Desa Nelangsa Siltap Bulan April Tidak Cair,Bank bjb Tidak Ada Uang

01/05/2022 18:46

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Melandainya Covid-19 tetap protokol kesehatan (prokes) dijalankan,mudik lebaran diperbolehkan, namun nasib perangkat desa di kian memprihatinkan. Mereka lagi sedih gara-gara Bank bjb Cabang Purwakarta uang untuk bayar Penghasilan Tetap (Siltap) tidak ada.

Imbasnya,menjelang detik detik lebaran untuk menutupi kebutuhan hidup sehari-hari menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H, para abdi desa itu terpaksa harus gali lubang tutup lubang alias hutang sana-sini,bahkan ada yang tak berdaya menerima apa adanya.

“Bayangkan, bulan ini tidak ada penghasilan. Bagaimana kami tidak nelangsa, apalagi sekarang menjelang lebaran hanya menggigit jari tidak bisa mencukupi tradisi lebaran” keluh salah satu perangkat desa yang punya 4 orang anak ini di wilayah kecamatan Pasawahan tidak mau di sebut namanya kepada awak media,sabtu (30/4).

Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta Andre Maula, mengaku heran uang sudah ada di rekening Desa, bank Jabar tidak ada uang,sehingga Aparatur Desa tidak menerima Siltap untuk bulan April 2022.

Tak cairnya Siltap, lanjutnya, sangat berdampak pada kebutuhan keluarganya untuk menyiapkan tradisi lebaran, lantas gimana lagi mereka harus berusaha meminjam.

Praktis, biaya operasional yang membengkak sementara penghasilan nihil membuat peranggkat desa banyak yang mengeluh. “Betul ini kewajiban, kerja pengabdian. Tapi kalau hak kami tidak diberikan, mau makan apa anak istri,” ucapnya.

Tidak hanya itu, para Kepala Desa juga semakin beban, sebab menyiapkan dana untuk Siltao cukup besar,apalagi menjelang lebaran semua sedang membutuhkan uang sulit untuk mencari dana talang.

Andre juga Kepala Desa Pasawahan menjelaskan keterlambatan pencairan siltap diduga akibat pihak Bank bjb tidak ada uang,meskipun SP2D nya sudah ada.menurut informasi pihak Bank siktap akan di bayarkan pada awal bulan Mei 2022,ungkap Andre (Oke panggilan akrabnya) kepada awak media melalui WhatsApp.

Saat ini awak media belum dapat konfirmasi ke pihak Bank bjb sehubingan sudah memasuki libur bersama. (Danas)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x