Ampera A.Y Mebas Ikut Tanam Perdana Jagung di Kelurahan Taniran

04/11/2021 10:16

TAMIANG LAYANG, jurnalisbicara.com – Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas melakukan penanaman perdana tanaman jagung di Kelurahan Taniran Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur.

Adapun lahan, seluas 800 ha itu dan 500 ha ditunjang oleh program Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (2/11/2021).

“Program tanam jagung pakan ini ditunjang juga oleh Pemerintah Pusat melalui Provinsi Kalimantan Tengah, yang akan membantu daerah kita untuk pengembangan jagung pakan seluas 500 ha. Sedangkan 300 ha lagi program dari Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Semoga apa yang kita rencanakan dan tersusun dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Barito Timur,” ucap Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, Selasa (2/11/2021).

Disampaikan bupati, kebanggaannya dan rasa salut serta terimakasih kepada Kelompok Tani Taniran Makmur atas kegigihan dan kesungguhannya dapat memanfaatkan lahan yang secara kasat mata cenderung berpasir. Tapi dengan kegigihan para petani di Taniran, lanjut bupati, tanah tersebut dapat diolah dan berhasil.

“Selain sukses menanam jagung pakan, saya juga melihat ada ternak ayam. Tentunya ini menjadi usaha yang saling menunjang, dimana kotoran ayamnya dapat dimanfaatkan untuk pupuk dan hasil tak aja kan jagungnya dapat di olah menjadi pakan ternak,” ujar bupati.

Selanjutnya, apa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Taniran Makmur, sejalan dengan program pemerintah pusat yang sedang giat-giatnya memprogramkan kegiatan intergrated farming atau usaha pertanian yang terintegrasi dimana komoditi pertanian, peternakan bahkan perikanan diusahakan dalam satu hamparan dan antara satu komoditi dengan komoditi yang lain saling menunjang.

“Saya berharap kegigihan para petani di Taniran ini dapat memotivasi para petani di tempat yang lainya,” ujarnya.

Ampera A.Y Mebas mengharapkan, agar para petani saling berbagi ilmu dengan petani lainya agar semua petani bisa merasakan hasil yang lebih baik.Setelah memberikan kata sambutan, bupati langsung melaksanakan panen jagung pakan ternak dan berkesempatan menanam jagung di lahan yang tak jauh dari lokasi panen jagung pakan. (Tri / Jubir )

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x