Wabup Sukabumi Bangga Terselenggaranya Pelatihan Story Telling Sejarah Palabuhanratu

09/11/2022 17:42

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri membuka Pelatihan Relawan Pemandu Wisata Penutur Cerita (storytelling) Risalah Sejarah Silsilah Palabuhanratu di Aula Sekretariat Daerah, Palabuhanratu, Rabu (9/11/22).

Wakil Bupati Sukabumi, H. Iyos Somantri mengaku bangga atas terselenggaranya pelatihan storytelling yang diinisiasi Kecamatan Palabuhanratu tersebut, dimana melalui pelatihan para relawan akan memahami metode pengembangan eduwisata dikawasan CPUGGp.

“Saya menganggap bahwa ini adalah ide yang sangat luar biasa, karena jarang sekali ide seperti ini muncul membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata yang sesuai dengan visi dan misi Kab. Sukabumi,” terangnya.

Oleh karena itu sambung Wabup, pemerintah daerah akan terus mendorong kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi agar kedepan menjadi sebuah pemikiran dalam membesarkan suatu daerah.

“Pelatihan tersebut merupakan salahsatu delegasi bagaimana meningkatkan dan mewujudkan Kab. Sukabumi yang lebih baik lagi,” terangnya.

Wabup Iyos menuturkan, mengembangkan daerah potensi wisata ini tak cukup hanya beberapa unsur saja, namun harus kolaborasi dari semua lini. Oleh karenanya kehadiran relawan sadar wisata ini sangat membantu pemerintah dalam melesatkan perkembangan pariwisata di Kab.Sukabumi.

Sementara itu Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar menambahkan, sebanyak 149 peserta yang tergabung dalam relawan sadar wisata ini sangat antusias mengikuti pelatihan menjadi pemandu wisata atau penutur cerita berkaitan dengan risalah, sejarah, dan silsilah Palabuhanratu .

“Dalam pelatihan ini akan diungkap sejarah jaman dulu Kab. Sukabumi terutama dikawasan daerah administrasi Palabuhanratu,” ucapnya.

Camat menyebut, dengan cerita ini akan mengungkap sebuah kebanggaan bagi masyarakat Kab. Sukabumi sekaligus akan menjadi potensi objek wisata serta bisa memicu menghadirkan ketertarikan masyarakat luar untuk mendengarkan ceritanya.

“Melalui pelatihan ini akan banyak manfaat yang didapat oleh para relawan, baik itu public speaking ataupun pemahaman history yang dimiliki ini,” tandasnya.

Diakhir kegiatan secara simbolis dilakukan Penyematan tanda peserta sebagai tanda telah dibukanya pelatihan Relawan Pemandu Wisata storytelling. (Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x