Untuk Ke 3 Kalinya, Pemkab.Bandung Barat Berhasil Meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara

KAB.BANDUNG BARAT, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memperoleh Penghargaan Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya yang diserahkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro di Grand Ballroom Kempinski West Mall Grand Indonesia Jakarta, Selasa (28/11) malam.

Swastisaba merupakan penghargaan bagi kab/kota yang menyelenggarakan kab/kota sehat, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Bersama antara Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Tahun 2005 tentang penyelenggaraan Kab/Kota Sehat.

Kab/Kota sehat merupakan suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat.

“Alhamdulillah kali ini Kabupatrn Bandung Barat mendapatkan penghargaan Swasti Saba tingkat Wistara yang merupakan level tertinggi. Dan kami menjadi salah satunya dari 27 Kab/Kota diseluruh Indonesia,” ujar Pj. Bupati Bandung Barat, Arsan Latif.

Kabupaten Bandung Barat memperoleh penghargaan ini setelah berhasil memenuhi 9 tatanan yang telah ditentukan.

9 tatanan tersebut diantaranya, Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Pemukiman dan Fasilitas Umum, Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Pasar, Tqtanan Pariwisata, Tatanan Transportasi dan Tertib Lalulintas, Tatanan Perkantoran dan Perindustrian, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana.

Penyelenggaraan Kab/Kota Sehat di Kabupaten Bandung Barat diselenggarakan dalam bentuk kemitraan antara Tim Pembina , yaitu Pemerintah Daerah dan Forum Kabupaten Bandung Barat Sehat.

“Kami persembahkan penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bandung Barat. Dan semoga berbagai program yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik,” katanya. (Deni HM)

Baca Juga :  Waspada! Modus Galang Donasi, Oknum Catut Nama Bupati Purwakarta