Pengelolaan Sampah Berbasis Teknologi, Sekda, “Mendukung Sektor Pertanian”

07/10/2021 18:29

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama PT. Masaro Sukabumi Maju Mandiri membahas kerjasama pengelolaan sampah berbasis teknologi. Pembahasan dilakukan di Ruang Rapat BKPSDM Jl. Raya Kadupugur, Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kamis, (07/10/21).

Disebutkan oleh Direktur Masaro Sukabumi, Wenda Aweng, bahwa mereka merupakan cabang dari Masaro Bandung dibawah naungan Institut Teknologi Bansung yang mengenalkan teknologi pengelolaan sampah yang murah dan epektif.

” Masalah persampahan adalah tanggungjawab kita semua jadi bukan hanya pemerintah kab sukabumi. Kita akan coba melalukan pengelolaan dengan pilot project di Pasar Cibadak dan Pasar Palabuanratu, rencana awal di seluruh Kabupaten Sukabumi karena ada keterbatasan jadi akan di coba dulu di Cibadak dan Palabuanratu sekaligus uji teknologinya,” terang Wenda.

Sekda Ade Suryaman yang menghadiri pertemuan tersebut mengatakan bahwa kerjasama dengan PT. Masaro Sukabumi tentang pengelolaan sampah MoU nya sudah disepakati pada Agustus 2021 tinggal merancang pelaksanaannya.

” Kerjasama pengelolaan sampah ini diproyeksikan menjadi pupuk organik yang bisa dimanpaatkan oleh para petani di Kabupaten Sukabumi. Berdasarakan kajian hasil teknologi pupuk organiknya cocok untuk palawija dan sayuran, kedepan Dinas pertanian akan mengelola pupuk organik itu,” terang Sekda.

Sekda berharap kerjasama tersebut bisa saling menguntungkan dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi ke depan terkurangi bebannya dalam pengelolaan sampah.
(Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x