Pemkab Garut Raih Kategori Baik di Anugerah Kualitas Pengisian JPT Tahun 2021 dari KASN

07/10/2022 13:23

YOGYAKARTA,Jurnalisbicara.com – Kabar menggembirakan datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/10/2022), di mana Kabupaten Garut meraih penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan kategori “Baik”.

Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi tahun 2021 untuk yang pertama kalinya ini merupakan bentuk apresiasi KASN kepada instansi pemerintah yang telah melaksanakan pengisian jabatan pimpinan tinggi baik melalui seleksi terbuka dan uji kompetensi dalam rangka mutasi, rotasi, yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Acara yang diselenggarakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ini dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Plt. Kepala BKN Bima Haria Wibisana, serta para pimpinan instansi kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, hadir mewakili Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Dalam Siaran Pers KASN, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, menyampaikan sambutannya, antara lain mengatakan bahwa hadirnya Anugerah Kualitas Pengisian JPT yang digagas oleh KASN menjadi bagian penting dalam proses transformasi birokrasi.

“Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi atau JPT harus diletakkan sebagai bagian penting dari proses transformasi birokrasi Indonesia dalam mewujudkan Indonesia Maju dalam konteks kelembagaan birokrasi yang mengedepankan sistem merit ini. Saya mengucapkan selamat kepada instansi baik di pusat dan daerah yang telah berhasil memperoleh nilai kategori sangat baik dan baik dalam penyelenggaraan proses seleksi JPT secara terbuka, transparan, dan akuntabel,” ujar Wapres RI.

Sementara, Bupati Garut, Rudy Gunawan, menuturkan jika peraihan penghargaan dari KASN ini merupakan hasil dari komitmen yang dilakukan pihaknya.

“Ya tentu ini adalah komitmen kita semua, meskipun puas dan tidak puas ya tentang pengisian jabatan tinggi sudah dilakukan oleh pansel (panitia seleksi), dan kita dilakukan oleh suatu pansel diawasi oleh KASN dan kita mendapatkan apresiasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara,” ucap Rudy saat diwawancara oleh Tim Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Garut di Komplek Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum’at (7/10/2022).

Ia berharap para pejabat tinggi pratama bisa membuktikan bahwa dirinya benar-benar profesional dan melakukan kegiatan sesuai dengan tujuan nilai inti ASN, yaitu BerAkhlak akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Dapat menggerakkan potensi yang ada di dinasnya sebagai CEO, sehingga hal yang berhubungan dengan program dan kegiatan disusun dengan efisien, efektif, dan juga mempunyai dampak terhadap layanan masyarakat,” harapnya.

Ketua KASN, Prof. Agus Pramusinto, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Dari 431 instansi pemerintah yang telah dinilai dengan menimbang berbagai aspek, hanya 82 instansi pemerintah yang ditetapkan untuk menerima penghargaan KASN, dengan rincian 14 instansi mendapatkan predikat “Sangat Baik” dan 68 yang berhasil mencapai kategori “Baik”.

Adapun aspek penilaian mencakup lima dimensi, yakni dimensi persiapan pengisian JPT, dimensi pelaksanaan pengisian JPT, dimensi pelaporan pengisian, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT, dan dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan.

“Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021,” ujar Agus

Dari hasil penilaian melalui Anugerah Kualitas Pengisian JPT tahun ini, imbuh Agus, masih banyak instansi pemerintah yang belum berhasil mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan “Baik”. Sehingga hal tersebut menjadi pekerjaan rumah (PR) tersendiri, baik bagi KASN maupun seluruh instansi pemerintah yang ada.

“KASN akan terus berusaha untuk mengakselerasi peningkatan kualitas pengisian JPT di seluruh instansi pemerintah melalui penguatan pengawasan, pelaksanaan berbagai bentuk koordinasi dan asistensi, peningkatan kolaborasi serta kerja sama dengan lebih banyak instansi pemerintah untuk mendorong perbaikan secara masif dan berkelanjutan,” tandasnya.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x