Pemerintah Kota Sukabumi Raih Penghargaan Level 3 Maturitas SPIP

31/03/2022 19:29

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan Level 3 Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Selasa (29/03/2022) di Bandung.

Inspektur Daerah Kota Sukabumi, Een Rukmini, selepas penyerahan penghargaan, mengatakan bahwa, Kota Sukabumi menjadi satu – satunya daerah di Jawa Barat yang mendapatkan predikat level 3 maturitas SPIP.

Adapun salah satu ukuran, diraihnya predikat tersebut adalah telah berjalannya sistem pengendalian internal Pemerintah yang terintegrasi, serta sesuai dengan ketentuan berlaku.

Ditambahkannya, salah satu manfaat dari dilaksanakannya SPIP adalah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Pemerintah Kota Sukabumi bisa melakukan mitigasi untuk meminimalkan risiko dalam menjalankan roda organisasi.

Adapun penilaian SPIP terintegrasi dilingkup Pemerintah Kota Sukabumi untuk mendapatkan penghargaan tersebut, dilakukan melalui penilaian mandiri dan penjaminan kualitas. Ditegaskannya, SPIP merupakan proses yang berkesinambungan, sehingga diharapkan prestasi yang diraih saat ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa mendatang.

Pada saat bersamaan, untuk semakin mengoptimalkan pelaksanaan SPIP, Inspektorat Kota Sukabumi menyelenggarakan Coaching Clinic Evaluasi dan Penyusunan Manajemen Resiko, yang diikuti unsur pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Coaching clinic menghadirkan Koordinator Pengawasan Bidang APD I, Jaya Rahmad dan Aang Ismail, Auditor pada BPKP Provinsi Jawa Barat sebagai narasumber. (ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x