MUFPP Perkenalkan Sistem Pangan Perkotaan

11/01/2023 08:22

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Milan Urban Food Policy Pact (MUFPP) memperkenalkan sistem pangan berkelanjutan kepada Pemerintah Kota Sukabumi, Senin, 9 Januari 2023, di Ruang Utama Setda Kota Sukabumi.

Head Of MUFPP Secretariat, Filipo Gavazzeni mengatakan, MUFPP adalah kesepakatan internasional antar kota yang berkomitmen untuk mengembangkan sistem pangan perkotaan berkelanjutan, inklusif, tangguh, aman dan ramah iklim, yang menyediakan pangan sehat dan terjangkau untuk semua.

Sekretariat MUFPP didirikan pada tahun 2016 di kota Milan sebagai titik kontak permanen untuk semua kota, mitra, dan pemangku kepentingan yang menandatangani kesepakatan.

Organisasi ini memfasilitasi komunikasi antara kota-kota anggota, jaringan, organisasi internasional dan mitra lainnya.

Misi organisasi ini adalah perjanjian internasional antara kota-kota dari seluruh dunia yang berkomitmen untuk mengembangkan sistem pangan berkelanjutan yang inklusif, tangguh, aman dan beragam, yang menyediakan makanan sehat dan terjangkau bagi semua orang dalam sebuah kerangka kerja berbasis hak asasi manusia, yang meminimalkan limbah dan melestarikan keanekaragaman hayati sambil beradaptasi dan memitigasi dampak perubahan iklim.

Sementara itu, Steering Commentee Asia Pasifik MUFPP, Gin Gin Ginanjar mengatakan, bahwa ia sangat bersyukur Kota Sukabumi ikut menjadi anggota MUFPP. Kota Sukabumi merupakan satu dari 11 kota baru di Indonesia yang cukup aktif dalam setiap diskusi.

Kerangka kerja MUFPP mencantumkan 37 tindakan yang direkomendasikan dalam 6 kategori, yakni kategori Tata Kelola, Kategori Diet dan Nutrisi Berkelanjutan, Kategori Pemerataan Sosial dan Ekonomi, Kategori Produksi Pangan, Kategori Pasokan dan Distribusi Pangan, serta Kategori Limbah Makanan.(ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x