Mantan Walikota Sukabumi Usulkan 7 Kecamatan di Wilayah Kab.Sukabumi Bergabung Ke Kota Sukabumi

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Mantan Wali Kota Sukabumi, Udin Koswara, dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Sukabumi dalam rangka HUT Ke 109 Kota Sukabumi kembali mengusulkan 7 (Tujuh) Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi diusulkan untuk bergabung ke wilayah Kota Sukabumi.

Ke 7 kecamatan yang diusulkan tersebut diantaranya Kecamatan Sukabumi, Sukaraja, Sukalarang, Kecamatan Cisaat, Kebonpedes, Cireunghas dan Kecamatan Gegerbitung.

Dalam pidatonya, Udin Koswara, memandang penting perluasan wilayah tersebut untuk ditindaklanjuti, oleh Pemerintah Kota Sukabumi dan Pemprop.Jawa Barat, mengingat kondisi Kota Sukabumi yang dirasa sudah sempit.

“Perluasan wilayah bukan hal yang tabu, Kota Bandung dua kali melakukan perluasan wilayah, Kota Sukabumi sendiri pernah melakukan perluasan wilayah dari awalnya 12 Kilometer menjadi 48 Kilo meter,” ucapnya.

“Tahun 1993, nalika awal ngajabat walikota luasna kur 12 KM saja (Pas awal menjabat tahun 1993 luas Kota Sukabumi hanya 12 Kilometer persegi), Ibarat foto 3 kali 4
dengan jumlah penduduk 102 ribu, “ jelas udin Koswara dihadapan Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil, Sabtu (1/04/2023).

Dengan jumlah luasan Kota Sukabumi yang saat ini hanya 48 Kilometer harus mendapatkan penambahan hingga luasan Kota Sukabumi mencapai 150 Kilometer persegi.

Menurutnya, Kota Sukabumi harusnya diberikan ruang bernafas misalnya dengan bisa langsung berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, sehingga bisa berpengaruh terhadap peningkatan Kota Sukabumi kedepan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut baik usulan tersebut, menurutnya pembahasan soal perluasan wilayah Kota Sukabumi akan digelar minggu depan

“Insya Allah dirapatkeun minggon payun, (Insya allah,’Peluasan Kota Sukabumi‘ dirapatkan minggu depan, “ ucapnya.

Terlait gagasan ini, Kang Emil meyatakan siap menjadi wasit atau penengah pertemuan kedua pejabat Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :  Terkait Pengeroyokan Wartawan Di Palabuhanratu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Apresiasi Kinerja Kepolisian

“Saya setuju, akan wacana perluasan Kota Sukabumi ini. Saya akan jadi wasit untuk mengkomunikasikan ini ke Kabupaten Sukabumi, “ tegasnya.

Disebutkan, saat ini Jawa Barat berpenduduk 50 Juta Jiwa terdiri dari 27 Kota dan Kabupaten, menurutnya Kota Sukabumi sangat tidak seimbang, di Jawa Timur ungkapnya, dengan penduduk 40 juta, luas wilayahnya sudah dibagi 38 Kota dan Kabupaten.

“Saya akan perjuangkan pemekaran wilayah, kalaupun moratorium tidak bisa maka saya akan meminta kebijakan fiscal yang berbasih jumlah penduduk bukan lagi berbasis wilayah,” tegasnya.

Tapi, lanjutnya, Kota Sukabumi harus mempersiapkan alasan ingin perluasan wilayah tersebut nantinya, benefit apa yang akan dirasakan masyarakat ketika perluasan tersebut.

“Kalau perluasan itu ingin maksimal, maka harus dijelaskan dulu keberpihakan masyarakatnya, “ tandasnya. (ald)