DPRD dan Wali Kota Sukabumi Raih Green Leadership, Dukung Pembangunan Berwawasan Lingkungan

02/08/2022 16:36

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Pemerintah Kota Sukabumi meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menerima penghargaan green leadership Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan ini diberikan kepada Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, yang telah berkomitmen dan berhasil mendukung pembangunan berwawasan lingkungan, dimana Kota Sukabumi mendapat peringkat pertama pada kategori kota sedang dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah tahun 2021.

Selain Wali Kota Sukabumi, DPRD Kota Sukabumi juga mendapatkan peringkat pertama kategori kota sedang yang langsung diberikan kepada Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman.

“Apresiasi ini diberikan berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKLHD) Kota Sukabumi tahun 2021 tepat waktu dan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Penghargaan ini kata dia diberikan ke daerah yang telah berkomitmen menyampaikan laporan hasil kinerja pengelolaan dan pemantauan dalam mendukung pembangunan berwawasan lingkungan. Istimewanya Kota Sukabumi menjadi peringkat pertama untuk kategori kota sedang.

Fahmi menuturkan, penghargaan yang diterima wali kota dan DPRD menunjukkan eksekutif maupun legislatif di Kota Sukabumi sangat berkomitmen menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup daerah. Khususnya dengan program perencanaan melalui berbagai kegiatan pengelolaan, pemantauan dan penegakan hukum yang juga mendapat dukungan dari seluruh perangkat daerah (OPD) Pemkot Sukabumi serta masyarakat.

“Kedepan kami akan tetap menjaga eksistensi dan komitmen pemerintah daerah dalam mengedepankan isu lingkungan hidup dalam setiap sektor pembangunan yang akan dilaksanakan,” ungkap Fahmi, sehingga tercipta pembangunan yang terintegrasi dan berwawasan lingkungan.

Sebelumnya, Pemkot Sukabumi pada 2022 ini menetapkan tiga isu strategis dalam lingkungan hidup yang jadi prioritas penanganan. Sebab ketiga isu itu berhubungan langsung dengan kehidupan manusia.

Tiga isu lingkungan itu merupakan hasil dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) penyusunan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup (DIKPLHD) Kota Sukabumi tahun 2022 di Hotel Horison, Senin (4/7/2022).

Dalam momen itu disepakati tiga isu lingkungan yang menjadi perhatian di Kota Sukabumi yakni persampahan, alih fungsi lahan, dan kualitas air.’

“Kegiatan FGD ini setiap tahun dilakukan dalam menyusun DIKPLHD,” ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi Endah Aruni.

Momen ini merupakan proses partisipasi aktif pemangku kepentingan dalam tiga isu yang disepakati baik persampahan, alih fungsi lahan dan kualitas air. (ida)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x