Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Lakukan Running Tes Produksi Es Balok Di Cisolok

09/11/2022 08:40

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Dinas Perikanan Kab.Sukabumi lakukan running tes atau uji coba produksi balok es, Senin, (7/11/ 2022). Uji coba tersebut dilakukan di Pabrik es Dinas perikanan di Kp. Pajagan Desa Cikahuripan Kecamatan olok.

Pabrik es Cisolok dibangun pada tahun 2012 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, seiring berjalannya waktu performa pabrik es semakin menurun karena mengalami beberapa kerusakan sehingga tidak dapat beroperasional dengan optimal sampai dilakukan perbaikan ditahun 2022.

“Pembangunan pabrik es bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para nelayan, pengolah maupun pemasar ikan di Kabupaten Sukabumi.Seperti diketahui bersama titik krusial dalam penanganan ikan hasil tangkapan nelayan adalah sifat ikan itu sendiri yang mudah busuk dan rusak,” terang Kadis Perikanan Nunung Nurhayati.

Karena itu, lanjut Nunung, memerlukan penanganan khusus mulai dari
dipanen/ditangkap sampai siap dikonsumsi, salah satunya adalah dengan pengawetan menggunakan es. Es merupakan bahan pengawet yang paling aman dan paling murah dalam mempertahankan mutu ikan.

Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi mengajak masyarakat dan para
stakeholder untuk mendukung beroperasionalnya kembali pabrik es, agar
bisa berjalan dengan optimal sehingga dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan es para pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Dengan terpenuhinya kebutuhan es
diharapkan harga jual ikan semakin tinggi, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pelaku usaha kelautan dan perikanan.

Hadir dalam running test itu, Asda II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Camat Cisolok, Kepala Desa Cikahuripan, Penyuluh Perikanan, KUB Pamayang Pajagan dan Nelayan Cisolok. (Sopandi)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x