Bupati Panca Dampingi Gubernur Sumsel Herman Deru Buka Acara Jambore Pemuda Daerah 2023

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru didampingi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi membuka acara Jambore Pemuda Daerah 2023 Sumsel di Kabupaten Ogan Ilir, Jumat (16/6/2023) di Lapangan KPT Tanjung Senai Inderalaya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan 15-19 Juni 2023, pesertanya pemuda berusia 16-30 tahun dan ikut pada JPD di Kabupaten Ogan Ilir sebanyak 14 Kabupaten sesuai dengan UU Kepemudaan jumlahnya 425 orang.

Adapun agenda kegiatannya pentas seni budaya, stand pameran, lomba senam poco poco, devile, olahraga tradisional bakiak tarik tambang layang-layang aduan.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir merasa bangga karena Kabupaten Ogan Ilir menjadi tuan rumah pada acara Jambore Pemuda Daerah (JPD) tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2023 ini.

“JPD ini betul-betul memaksimalkan segala potensi yang ada, baik pada potensi ekonomi kreatif, potensi ekonomi produk budaya, potensi ekonomi warisan dan termasuk ekonomi kepariwisataan kita”, Kata dia.

Melalui momen jambore ini Bupati Panca berharap semua membulatkan semangat dan menanamkan tekat agar ke depan Ogan Ilir makin dikenal.

“seiring dengan semakin beratnya tantangan diberbagai sektor pembangunan, kita dapat memberikan karya terbaik kita, sesuai profesi, tugas dan fungsi yang kita emban dipundak kita masing-masing,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H Herman Deru mengharapkan para peserta Jambore Pemuda lebih peduli dengan kelestarian kebudayaan lokal yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

“Saya bangga dengan  digelarnya  jambore pemuda yang berisikan kompetisi  budaya lokal dengan  melibatkan  kalangan pemuda. Ini tentu menjadi benteng di tengah derasnya arus budaya luar. Jangan sampai nanti produk warisan leluhur kita kita diklaim orang lain, dan ini tugas kita semua melestarikannya,” harap Gubernur Herman Deru saat  membuka  Jambore Pemuda Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga :  Peringatan HUT Kabupaten Ogan Ilir Ke XX (20) Tahun 2024 Bupati Panca Membuka Lomba Bidar Mini

Lebih jauh Herman Deru menegaskan, dalam mempersiapkan  bonus demografi  dia  mengajak kalangan pemuda membekali ilmu yang dipersiapkan sedini mungkin.

Terkait Jambore Pemuda kali ini, Gubernur Herman Deru mengingatkan  para peserta untuk menerapkan sikap profesional dan suportifitas yang tinggi.

Terkhusus untuk panitia lomba Esport, Herman Deru menyiapkan hadiah khusus yakni 1 unit sepeda motor untuk pemenangnya.

Diakhir sambutannya Herman Deru juga mengapresiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang telah bersedia menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Provinsi  Sumsel tahun 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga  Sumsel , Rudi Irawan mengatakan kegiatan jambore tahun 2023  berlangsung dari tanggal  15 hingga 19 Juni 2023 dengan melibatkan para pemuda dengan rentang usia 16-23 tahun.

Selain lomba Jambore kali ini juga dilakukan  Focus Disscusion Group (FGD) dengan melibatkan sejumlah pemateri. (Rosita Dewi).