Bupati Jeneponto Hadiri Acara Ekspose Hasil Survei Kepuasan Masyarakat

KAB.JENEPONTO, jurnalisbicara.com – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar di dampingi sekda Jeneponto H. Muh Arifin Nur membuka kegiatan ekspose hasil Survei Kepuasan Masyarakat yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan publik di ruang pola panrannuangta, Rabu. (27/09/2023).

Direktur Analisis Data Nusantara Iswadi Amir menyerahkan secara resmi hasil survey kepuasan masyarakt (SKM) kepada pemerintah daerah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan layanan publik di kabupaten Jeneponto.

Ekspos data Survei tahun ini menilai 9 unsur yang terkait dengan pengelolaan data, sebagai bagian dari upaya Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan mutu dan kepuasan masyarakat.

Berikut adalah 9 unsur yang dinilai dalam survei ini:

1. Persyaratan Pelayanan: Penilaian terhadap ketersediaan dan kelengkapan persyaratan yang diperlukan dalam proses pelayanan publik.

2. Prosedur Pelayanan: Evaluasi atas kemudahan dan kejelasan prosedur yang harus diikuti oleh masyarakat dalam mendapatkan layanan.

3. Waktu Pelayanan: Penilaian mengenai ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

4. Biaya/Tarif Pelayanan: Evaluasi atas keterbukaan dan kewajaran biaya atau tarif yang dikenakan dalam proses pelayanan.

5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan: Penilaian terhadap kesesuaian produk atau pelayanan yang diberikan dengan kebutuhan masyarakat.

6. Kompetensi Pelayanan: Penilaian terhadap kemampuan dan pengetahuan petugas dalam memberikan pelayanan.

7. Perilaku Pelaksana: Evaluasi atas sikap, tingkah laku, dan etika pelayanan dari petugas kepada masyarakat.

8. Maklumat Pelayanan: Penilaian mengenai ketersediaan informasi yang jelas dan mudah diakses terkait dengan pelayanan publik.

9. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan: Evaluasi terhadap respons dan proses penanganan pengaduan, saran, dan masukan dari masyarakat.

Hasil survei ini akan menjadi landasan penting bagi Pemerintah Daerah kabupaten Jeneponto untuk meningkatkan kualitas layanan publik, mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan, dan mendengarkan aspirasi masyarakat.

Baca Juga :  Junaedi. B. S.Sos,. MH., Resmi Dilantik Jadi Penjabat Bupati Jeneponto

Disela-sela kegiatan Bupati Iksan Iskandar menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam survei ini serta berkomitmen untuk terus bekerja keras dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

Dia juga mengundang masyarakat untuk terus memberikan masukan dan saran demi perbaikan berkelanjutan.

”Kepuasan masyarakat merupakan prioritas utama, oleh karenanya secara kontinu, kami terus melakukan kerja-kerja terukur, sistematis dan dilandasi semangat gotng-royong guna memastikan segalanya berjalan baik,” ujarnya.

Di tempat yang sama hadir Wakil Bupati Jenponto H. Paris Yasir didampingi kabag Organisasi St. Meryam mengikuti pemaparan dari lembaga survey ALTA dan berdiskusi terkait hasil survey yang telah di lakukan di beberapa organisasi perangkat daerah yang terkait dengan pelayanan publik.

“Paris Yasir mengapresiasi apa yang telah di lakukan bagian organisasi yang melaksanakan survey kepuasan Masyarakat. Hal ini menjadi bahan pertimbangan kita melakukan perbaikan ke depan pada aspek pelayanan kita sehingga masyarakat kita dapat menikmati pelayanan prima “, tutup paris. (Iskandar Lewa)