Berbeda dan Unik, Musrenbang Tingkat Kota Sukabumi 2024

KOTA SUKABUMI, jurnalisbicara.com –

Musrenbang tingkat Kota Sukabumi tahun 2023 ini, berlangsung semarak dan unik, acaranya berbeda dari tahun sebelumnya, dimana menjadi ajang dalam melestarikan seni budaya dan sejarah, dengan menampilkan folklore atau cerita daerah, yang diperankan oleh Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada dan Asisten Daerah, serta sejumlah kepala SKPD dalam kabaret. Dengan tema ‘Seragam Beragam’ Acara berlangsung di GOR Merdeka, Kamis (16/3/2023).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami, Ketua DPRD Kota Sukabumi Kamal Suherman, wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi Jona Arizona, dan perwakilan unsur Forkopimda.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda Jawa Barat Indra Permana, Kepala Sub Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Wilayah II Kementerian Dalam Negeri Bob Ronald F Sagala.”Musrenbang ini unik karena terakhir dilakukan pada masa kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi periode 2018-2023,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Pejabat sementara (Pjs) Kepala Daerah Kota Sukabumi itu menyebut, momen ini adalah untuk memastikan pelaksanaan pembangunan di tahun mendatang yang dilaksanakan dan disiapkan oleh Pjs, serta didesain untuk pembangunan yang akan datang.“Sehingga pejabat yang melaksanakan sementara waktu bisa mendapatkan arah dan kebijakan strategi pembangunan Kota Sukabumi, itulah uniknya,” ujar Fahmi.

Unik yang kedua yakni tema yang dimintakan yaitu ‘Seragam Beragam’. Kita ingin dari keberagaman yang dimiliki Kota Sukabumi untuk seragam membangun kota ini. Fahmi mengajak, “dengan potensi yang ada, mari kuatkan pembangunan kita”.

Sedangkang unik yang ketiga, ada laporan dari Kepala Bappeda dan SKPD, terkait pembangunan dan tidak didapatkan di musrenbang daerah lain.“Semangat melakukan inovasi harus ada di musrenbang dalam memberikan kebahagiaan bagi peserta musrenbang baik tingkat RT, RW dan elemen lainnya yang sudah melaksanakan musrenbang dan sampai tingkat kota,” jelasnya.

Dikatakan Fahmi, selama satu tahun lebih Kota Sukabumi dipimpin pjs dan dibuat rencama pembangunan daerah (RPD) 2024 2026 sebagai jembatan ketika dipimpin Pjs Wali Kota. Untuk itu, tema pembangunan 2024 kali ini yakni Peningkatan Kondusivitas, karena Pemilu dan Pilkada pada 2024 nanti.

Fahmi juga menyampaikan rasa syukur bahwa perencanaan pembangunan Kota Sukabumi menjadi yang terbaik di Jabar, dan sudah presentasi di Bappenas untuk penilaian tingkat nasional.“Mudah-mudahan hasil terbaik ini, menjadi terbaik juga dalam perencanaan pembangunan daerah di tingkat nasional.” pungkasnya.(ald)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *