Bangun Sinergitas, Diskominfosan Kota Dan Kabupaten Sukabumi Bahas Data Statistik

30/03/2022 12:20

KAB.SUKABUMI, jurnalisbicara.com – Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat di pertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk.

Untuk memenuhi amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia Diskominfo Kota Sukabumi melakukan kunjungan ke Diskominfosan Kabupaten Sukabumi.

“Intinya kami melakukan kolaborasi untuk saling melengkapi menuju satu data indonesia” ucap Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri Di kantor diskominfosan, Cikembang ,Selasa (29/03/2022).

Bima sapan akrab Herdy berharap melalui pertemuan ini kedepan pemerintah kota dan kabupaten bisa bersinergi untuk menghasilkan data dan informasi yang akurat sesuai kaidah dan prinsip yang terkandung dalam amanat Perpres.

“Beberapa hal yang kita bahas dari mulai Struktur Organisasi tugas pokok dan fungsi hingga strategi untuk meghasilkan data, informasi itu tidak bisa tercipta tanpa data, sementara data menjadi tidak berguna tanpa informasi, Oleh karena itu kami sama sama mencari metoda sistem informasi yang memadai untuk mengolah data, mengingat bidang statistik ini merupakan bidang baru baik di Kota ataupun Kabupaten Sukabumi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik, Persandian, dan Keamanan Informasi Diskominfo Kota Sukabumi, Eneng Rahmi menyatakan bahwa sinergitas antar lembaga untuk menghasilkan data yang akurat sangat penting termasuk menjalin komunikasi antar pemerintah kota dan kabupaten.

“Wilayah kota dan kabupaten beririsan karena memang perbatasan langsung sehingga diperlukan sinergitas yang kuat,”ucapnya.

Eneng Rahmi menambahkan bahwa
tugas kominfo saat ini begitu berat sehingga perlu dukungan semua pihak untuk dapat merealisasikan satu data Indonesia.

“Di dinas kami untuk tugas Statistik, Persandian, dan Keamanan Informasi dikelola oleh satu bidang sementara di Kabupaten Sukabumi pengelolaan statistik dan keamanan informasi dikelola khusus oleh masing masing bidang sehingga ada dua bidang, satu menangani statistik dan satunya lagi menangani persandian dan keamanan informasi,” pungkasnya.

Jika dilihat dari skemanya, menurut eneng rahmi, pengelolaan data statistik memang harus lebih khusus dari mulai kompilasi, analisis hingga penyajian untuk menjamin ketersediaan data statistik terlebih kominfo saat ini ditugasi sebagai wali data. (Salsa/Sop)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x