Kontingen Garut Optimis Raih Prestasi Maksimal di Porprov Jabar XIV Ditargetkan meraih 30 medali emas, Kabupaten Garut akan mengirimkan 490 atlet dari 41 cabor

28/10/2022 16:16

GARUT, Jurnalisbicara.com – Pelepasan para kontingen asal Kabupaten Garut yang akan bertanding di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) XIV Tahun 2022 dan Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) Jabar VI Tahun 2022 bersamaan dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tingkat Kabupaten Garut, di Lapang Sekda Garut

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Garut, Abdusy Syakur Amin, menuturkan dalam Porprov Jabar ke-XIV Tahun 2022 ini, Kabupaten Garut akan mengirimkan 490 atlet dari 41 cabor yang diikuti.

Ia memaparkan jumlah tadi merupakan jumlah yang sudah mendapatkan perampingan dari total 542 yang lulus Babak Kualifikasi (BK), 52 diantaranya tidak diberangkatkan.

“Yang tidak diikutsertakan, yang saya bilang tadi yang lulus BK dan verifikasi itu ada 542 yang berangkat 490 berarti 52 gak berangkat, ini juga kita seminimal mungkin mengurangi jumlah yang tidak berangkat, tapi juga yang sisanya kurang lebih 67 itu kita tawarkan berangkat partisipasi masyarakat, artinya orangtuanya, rekan-rekannya itu mereka juga mensupport tim yang berangkat secara mandiri,” papar Syakur.

Ia mengatakan jika 9 cabor yang dilaksanakan di Kabupaten Garut merupakan bukan cabor-cabor yang menjadi tradisi emas, sehingga ia berharap karena memiliki keuntungan menjadi tuan rumah, 9 cabor tadi bisa mendulang perolehan emas untuk Kabupaten Garut.

“Ini juga tentu saja kita berharap dari cabor-cabor yang selama ini jadi tradisi (mendulang emas), seperti gulat, kemudian silat, kemudian tarung derajat, dan lain lain,” harap Ketum KONI Garut.

Untuk target perolehan mendali sendiri, imbuh Syakur, pihaknya menargetkan 30an mendali emas dalam ajang Porprov Jabar tahun ini.

“Dan kita akan cek lagi nanti, karena kan itu kan dulu sebelum bertanding sekarang kan sudah disahkan, jadi kita tau siapa lawan kita di nomor tertentu, nah ini nanti kita akan hitung kembali, harapan saya sih tidak ada perubahan, syukur-syukur bisa bertambah,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Garut, Komara, menyampaikan dalam Peparda Jabar ke-VI tahun ini pihaknya mengirimkan 57 atlet dari 6 cabor yang diikuti.

“Fasilitas Alhamdulilah pemerintah sudah luar biasa Kabupaten Garut ini, dan mudah-mudahan target 5 besar itu tercapai walaupun Garut hanya mengirimkan 57 atlet dari 6 cabor, semuanya itu 12 cabang olahraga karena yang lainnya merasa fasilitasnya belum ada seperti panahan, menembak, dan lain-lain, dan hanya 6 cabor dan hanya ada 2 unggulan yang ditargetkan mendulang banyak emas, diantaranya atletik dan renang,” ucap Komara.

Untuk perhelatan Peparda Jabar ke-VI ini, lanjut Komara, akan dilaksanakan selama 11 hari dari mulai tanggal 20 November 2022 hingga 30 November 2022, yang akan dipusatkan semuanya di Komplek Stadion Wibawa Mukti, Bekasi.

“(Harapannya) mudah-mudahan target 5 besar ini tercapai, dan Alhamdulillah dari Kadispora Kabupaten Garut menyatakan bahwa sekarang ini sudah tidak dibeda-bedakan, tidak ada diskriminasi atau anak tiri, ini disamakan dengan yang umum, bonusnya KONI sekian, NPCI pun sama, ini prestasi yang harus kita raih karena perjuangan pemerintah ini sudah baik memperhatikan ke disabilitas NPCI Kabupaten Garut,” tandasnya.

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x