FORKOPIMCAM Garut Kota Bersama Para Tokoh, Monitoring Persiapan PORKAB Cabor Pencak Silat

Foto Atlit Pencak Silat dan Porkopincam selepas monitoring l Foto : istimewa

GARUT, jurnalisbicara.com – Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) merupakan ajang kejuaraan olahraga yang dilaksanakan 4 tahun sekali yang diadakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dimana ajang kejuaraan ini merupakan turnamen bergengsi antar Kecamatan.

Selain itu, PORKAB juga merupakan sarana penjaringan / seleksi atlit untuk maju ke Pekan Olahraga Provinsi mewakili Kabupatennya. Berdasarkan agenda KONI Kabupaten Garut, PORKAB Garut akan dibuka pada tanggal 21 Juli 2024 mendatang.

Jumat (07/06/24) Forum Komunikasi Pimpinan di Kecamatan (FORKOPIMCAM) Garut Kota melakukan monitoring terhadap persiapan Cabor Pencak Silat untuk mengikuti PORKAB Garut 2024, hadir dalam kegiatan tersebut Rena Sudrajat, S.Sos.,M.Si. selaku Camat Garut Kota, bersama Kapten Wardiman selaku Danramil Garut Kota.

Selain Forkopimcam, tampak hadir dalam kegiatan Ketua KOK Garut Kota, Haji Hendi selaku Dewan Pakar IPSI Jawa Barat, abah Engkus selaku tokoh sesepuh pencak silat Garut, perwakilan lembaga Wasit Juri IPSI, pengurus IPSI Garut Kota dan para tokoh paguron.

Baca juga: Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Persiapan Matang untuk Healthy Cities Summit 2024

Dalam arahannya, Camat menyampaikan bahwa semua atlit harus menampilkan yang terbaik dalam PORKAB nanti, selain untuk membela nama Garut Kota juga jadikan PORKAB ini sebagai jembatan kalian ke Porprov, Pon, sampai jadi atlit Nasional.

“Kepada semua atlit silat yang nanti akan bertanding di Porkab, ada waktu sebulan setengah lagi untuk kalian berlatih dan memaksimalkan potensi kalian. Jangan berpikir menang atau kalah, tapi kalian harus menampilkan yang terbaik. Kalian membela nama Garut Kota, tapi jangan hanya berfikiran disitu, kalian harus berfikir dan memotivasi diri kalo Porkab ini adalah jembatan kalian ke jenjang selanjutnya, Porda, Pon, sampai kalian jadi atlit Nasional. Aamiin” Ucap Rena.

Baca Juga :  Bupati Garut Cek Ketersediaan dan Harga Pangan di Pasar Guntur Ciawitali

Menyambung dari arahan Camat, Danramil Garut Kota menambahkan memberi motivasi dan semangat agar atlit semakin giat dan berlatih dengan maksimal.

“Terkhusus para atlit dan pelatih, maksimalkan latihan atlitnya, pelatih harus bisa memberikan program latihan yang berkualitas untuk atlitnya, karena atlit akan bisa jika dia sudah terbiasa. Biasakan latihan dengan bermacam kondisi dan bermacam waktu, supaya nanti ketika waktu bertanding, mau bagaimanapun kondisinya dan kapanpun waktunya, mau pagi siang atau malam kita sudah siap dan atlit kita selalu siap” Ucap Kapten Wardiman.

Baca juga: Syukuran Nelayan Ujunggenteng Ke-58: Kadispar Kabupaten Sukabumi Hadiri dan Soroti Penataan Wisata

Setelah pemaparan arahan dari Forkopimcam, H. Hendi mewakili tokoh pencak silat memberikan wejangan untuk atlit Garut Kota yang akan bertanding di Porkab. Bahwa untuk menjadi juara, selain mengandalkan fisik atlit juga harus melatih mental dan kecerdasan.

“Ini khusus untuk para atlit mohon diperhatikan, saya  sedang membuat buku berdasarkan hasil pengalaman saya. Jika ingin juara, selain melatih fisik dan teknik, harus juga melatih daya fikir dan kecerdasan. Karena itu berpengaruh terhadap mental. Mental kalian dipengaruhi oleh fikiran kalian. Jadi kalo fikiran kalian positif pasti mental kalian juga akan bagus”. Ucap Hendi.

Seluruh altit dan official kontingen Garut Kota sangat senang dengan kunjungan Forkopimcam dan para sesepuh pencak silat Garut ke tempat TC. Karena kunjungan tersebut dianggap dapat meningkatkan motivasi atlit, pelatih, dan official kontingen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ali Isyak yang merupakan ketua kontingen Cabor Pencak Silat Garut Kota. Isyak mengungkapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang sudah memberi dukungan terhadap Cabor Silat Garut Kota.

Baca juga: Sosok Pria Ditemukan Membusuk: Warga Cisolok Ungkap Kisah di Balik Tragedi

Baca Juga :  Sport and Tourism Collaboration Diadakan di Griyo Budoyo, Kota Solo

“Saya mewakili kontingen Silat Garut Kota, mengucapkan terimakasih banyak kepada pak Camat, pak Danramil, ketua KOK, para tokoh dan sesepuh, juga pihak lainnya yang sudah berkenan berkunjung ke tempat latihan kami, semoga dengan adanya silaturahmi ini Pencak Silat Kecamatan Garut Kota semakin maju dan berprestasi”. Ucap Isyak.

Untuk bertanding di PORKAB Garut 2024 nanti kontingen Pencak Silat Garut Kota mendelegasikan 16 orang atlit yang terbagi di kategori Tanding, Tunggal, Ganda, Beregu, dan Solo Kreatif.