News  

Papajar Sebelum Ramadhan, Desa Gunung Karamat ‘Gelar Saji 1000 Tumpeng’, Ketua DPRD Yudha Sukmagara Ikut Hadir

Gelar Saji 1000 Tumpeng di Desa Gunung Karamat, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. (dok.jubir group)

JURNALIS BICARA – Desa Gunung Karamat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi kembali menggelar “Festival Gelar Saji 1000 Tumpeng”.

Kegiatan yang digelar pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 itu merupakan refleksi tiga tahun pemerintah desa Gunung Karamat di bawah kepemimpinan Kepala Desa Subaeta.

Gelar saji 1000 tumpeng ini, merupakan tahun kedua yang diadakan pemerintah desa.

Baca Juga:Polres Sukabumi dan Polsek Jajaran, Gelar Bakti Religi dengan Bersihkan Mesjid

Warga dari 7 kedusunan yang ada di Desa Gunung Karamat juga ikut andil, masing masing membuat 150 tumpeng dan 1 tumpeng induknya untuk acara ini.

Semua dikumpulkan di lapang sepak bola desa, kemudian dinikmati bersama oleh semua masyarakat desa Gunung Karamat.

Ken Saraswati, Ketua Umum Penyelenggara mengungkapkan, bahwa tujuan dari acara ini adalah silaturahmi semua warga desa dalam menyongsong bulan Ramadhan.

Baca Juga:Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Yang Asik Dan Menyenangkan!

Momen itu juga menjadi kesempatan untuk merajut kain kebangsaan agar tidak ada sekat yang terjadi di tengah masyarakat pasca Pilkades kemarin.

“Salah satu tujuannya termasuk agar masyarakat merasa memiliki pemimpinnya, begitupun pemimpin dekat dengan masyarakatnya,” ujar Ken kepada Wartawan.

Sementara itu Subaeta mengatakan, munculnya acara Gelar Saji 1000 Tumpeng ini, atas dasar dari program Kabupaten Sukabumi. Yang di mana desa Gunung Keramat merupakan penunjang desa wisata yang terkait dengan Geopark.

“Jadi setiap mau bulan Ramadhan, kami mengadakan gelar saji 1000 tumpeng, anggap saja sebagai pengganti papajar,” jelas Subaeta.

Baca Juga :  Api Terus Menyembur di Rest Area Tol Cipali KM 86 B, Ini Dugaan Badan Geologi