News  

Api Terus Menyembur di Rest Area Tol Cipali KM 86 B, Ini Dugaan Badan Geologi

Menurut informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, semburan gas tersebut berasal dari sumur bor artesis yang digunakan sebagai sumur air tanah, dengan kedalam antara 40 – 100 meter.

Iwan juga mendapatkan Informasi tambahan dari salah seorang perwakilan pihak PT Pertamina EP yang berada di lokasi menyatakan bahwa dalam radius sekitar 2 kilometer (km) ke selatan terdapat sumur eksplorasi gas yang aktif.

Adapun, lokasi sumur semburan gas berada di koordinat -6.47245018449493, 107.58624772214222, termasuk ke dalam Peta Geologi Lembar Pamanukan, Jawa Barat. Secara geologi, lokasi sumur berada pada satuan batuan alluvium asal volkanik batupasir tuffaan dan konglomerat yang berumur kuarter.

“Batuan penyusun di bawah satuan lapisan alluvial tersebut, mengacu pada Peta Geologi Lembar Bandung adalah formasi Citalang berumur pliosen atas, formasi Kaliwangu berumur pliosen bawah, dan formasi Subang berumur miosen akhir,” ujarnya.

Dia menjelaskan, satuan batuan tersebut tersingkap di daerah Subang dan sekitarnya dan menerus di bawah permukaan hingga lokasi sumur. Pada sekitar lokasi semburan terdapat sumur PSJ-P1 dan PJN-P1 dengan kedalaman maksimal di 1.076 meter untuk sumur PJN-P1.

Baca Juga :  Pastikan ASN Sudah Kerja Lagi, Plh Walikota Sidak Beberapa Dinas di Kota Bandung