Wakil Bupati Garut Apresiasi Sekolah Sungai Cimanuk dalam Memperingati Hari Lingkungan Hidup

06/06/2022 23:50

GARUT, Sekolah Sungai Cimanuk menggelar acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup dengan tema “Sungai Sebagai Pusat Peradaban Manusia”, yang ditandai dengan penanaman pohon di Sekretariat Sekolah Sungai Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (6/6/2022). Acara ini juga turut dihadiri oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman.

Dalam sambutannya, Wabup Garut menerangkan, acara ini dalam rangka menegaskan kembali serta menyadarkan kembali masyarakat untuk memelihara sungai. Helmi juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut dan juga masyarakat Garut menyambut baik kegiatan ini.

“Intinyamah hayu urang pelihara sungai, intinamah tah eta pelihara sungai kumaha carana babarengan (intinya ayo kita pelihara sungai, intinya pelihara sungai bagaimanapun caranya secara bersama-sama), di depan mata kita sudah terlihat,” kata Wabup Garut.

Selain itu, Helmi berharap kegiatan seperti ini juga bisa melibatkan kelompok-kelompok pemuda yang berada di sekitar sungai agar dapat mengikuti Sekolah Sungai Cimanuk. Ia juga berharap, kegiatan ini dapat terus menerus dilakukan secara berkelanjutan sehingga dapat mencapai hasil yang diinginkan, yaitu menjadi sungai wisata.

“Kelompok-kelompok pemuda atau mungkin yang dari kampung-kampung terutama yang di sekitar sungai ini untuk dilibatkan untuk mengikuti Sekolah Sungai Cimanuk, dan itu yang kita harapkan,” lanjutnya.

BACA JUGA ;

Bupati Garut Berikan Reward SAKIP Terbaik Kepada SKPD dan Kecamatan

Helmi juga memaparkan, saat ini pihaknya sedang memerangi bagaimana caranya agar sungai tidak dijadikan sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga. Ia juga mengatakan masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dilakukan, salah satunya yaitu terkait penghijauan.

“Bagaimana mau ada penghijauan ini sudah hijau kemudian daerah yang lainnya terus dihijaukan kemudian juga bagaimana mengatasi penangkalan, bagaimana mengatasi sampah, bagaimana mengatasi limbah rumah tangga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Asep Ridwan menerangkan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan dengan tema “Sungai Sebagai Pusat Peradaban Manusia”.

“Sebetulnya tema kita itu adalah sungai sebagai pusat peradaban, bahwa kita dimulai dari sungai lah, bahwa dulu juga masyarakat kita, orang tua kita ini merupakan menjadikan sungai itu sebagai pusat kehidupan,” ujarnya.

Menurt Asep, dalam kegiatan dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, yang kemudian diikuti penanaman pohon di lahan yang masih kosong. Ke depannya, pihaknya juga akan melakukan peternakan lebah dalam rangka pemeliharaan lingkungan.

“Karena dengan lebah otomatis kita harus menanam pohon, karena tidak mungkin ada lebah kalau tidak ada pohon, jadi secara otomatis kita biar masyarakat mencintai lebah dan nanti otomatis akan mencintai lingkungan,” tandasnya.*(Indra)

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x