Ratusan Warga Demo di PTPN VII Cinta Manis, Begini Tuntutannya

25/03/2022 13:35

Laporan : Rosita Dewi.

OGAN ILIR,– Tutut Domu dan Dodi Mundur dari jabatan Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aksi Damai Aliansi masyarakat Bersatu menggelar Aksi unjuk rasa didepan gerbang PTPN VII Cinta Manis, kamis (24/3/2022)

Adapun tuntutan dalam aksi ada empat poin, yakni pertama menuntut agar Asisten umum Domo dan Dodi pindah dari perusahaan PTPN VII Cinta Manis, kedua meminta untuk prioritaskan warga sekitar dalam penerimaan karyawan/ pekerja di PTPN VII, ketiga meminta agar menteri BUMN mengaudit hasil penjualan sawit dan ke empat tolak rekrutmen kerja yang terkesan KKN.

Diketahui, selain berorasi Aksi Damai Aliansi masyarakat bersatu juga membakar ban bekas di jalan masuk pintu gerbang PTPN VII Cinta Manis, sehingga mengakibat akses jalan masuk jadi terganggu dan macet.

Pimpinan aksi damai Aliansi  Masyarakat Bersatu, Bambang mengatakan pihaknya akan terus melakukan aksi demo, hingga Asisten umum Domu dan Dodi pindah dari perusahaan PTPN7.

“Kami, Aliansi Masyarakat Bersatu akan terus menggelar aksi unjuk rasa didepan gerbang PTPN VII Cinta Manis, sampai asisten umum Domo dan Dodi pindah dari perusahaan ini.  Selain itu, kami juga meminta agar menteri BUMN mengaudit hasil penjualan sawit di lingkungan perusahaan PTPN VII, kuat dugaan kami hasil penjualan sawit hanyalah dijadikan untuk memperkaya diri oleh sejumlah oknum pejabat di perusahaan,” Kata Bambang dalam orasinya.

Ia pun meminta agar penerimaan Karyawan di PTPN VII Cinta Manis untuk memproritas warga sekitar. Bukan masyarakat jauh bahkan di luar kabupaten Ogan Ilir.

“Kami mengharapkan agar Asisten umum Domo hari ini juga bisa datang dan menemui kami, serta dapat memberikan Jawaban atas tuntutan kami, tetapi kalau kami tidak di temui juga, kami akan masuk secara paksa dengan anggota lebih besar lagi” ancam Bambang.

Menanggapi tuntutan Aksi Damai Aliansi Masyarakat Bersatu, Domo Asisten umum di perusahaan PTPN VII Cinta Manis, pihaknya mengaku tidak akan menemui para pengunjuk rasa.

Pasalnya, karena sebelumnya para Aksi damai Aliansi masyarakat bersatu juga telah melakukan mediasi dengan pihak perusahaan PTPN VII Cinta Manis.

“Saya tidak akan menemui para unjuk rasa itu, karena untuk apa juga. Pastinya tidak akan menyelesaikan permasalahan. Apalagi sebelumnya mereka sudah bermediasi dengan perusahaan. Entah apa sebabnya mereka masih nekat untuk melakukan unjuk rasa lagi,” ujarnya.

Lanjutnya Soal mereka menginginkan saya dan pak Dodi pindah dari perusahaan PTPN VII Cinta Manis ini, saya hanyalah melaksanakan tugas, di mana pun saya di tugaskan saya siap, karena saya berkerja di Cinta Manis ini berdasarkan SK, kata Domo.

Masih kata Domo, mengenai penerimaan Karyawan baru di PTPN VII Cinta Manis ini, yang terkesan pilih-pilih ,itu tidak benar, karena setiap tahunnya,kami hanya menerima karyawan baru, paling banyak 30 orang, jadi dengan adanya informasi lowongan kerja dari perusahaan PTPN VII Cinta Manis, mengakibat ramainya yang melamar pekerjaan, padahal yang di perlukan hanyalah 30 orang saja,” tuturnya.

Sedangkan soal hasil kepala sawit, Andrian Manajer perusahaan PTPN VII Cinta Manis mengatakan bahwa, penanaman pohon kelapa wasit di lingkungan perusahaan Cinta Manis, hanyalah untuk penghijauan.

“Penanaman pohon kelapa wasit di lingkungan perusahaan PTPN VII Cinta Manis hanyalah untuk penghijauan saja, bukan hanya di tanam di dalam lingkungan perusahaan PTPN VII Cinta Manis, bahkan ada juga yang di tanam di lahan tebu, sebagai pohon lindung untuk para petani menanam tebu dan penebang tebu berlindung dari sengatan matahari saat kerja”. papar Andrian.

Ia menambahkan, kalau soal hasil kelapa sawit itu di jual berdasarkan hasil lelang yang lebih tinggi. Siapa yang sanggup memberikan harga lelang yang lebih tinggi, kepada mereka lah sawit dijualnya, kelangnya pun di buka secara terbuka, dan kepada siapa saja, jelas Andrian.

“Hasil uang yang diperoleh dari penjualan sawit , langsung masuk ke rekening perusahaan.bukan melalui saya atau pun pak Domo.Untuk lebih jelasnya, boleh di periksa” Pungkas Menajer PTPN VII Cinta Manis Andrian. (Rosita).**

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x