Raih Rekor MURI Festival Egrang, Kadisdik : “Kembalikan Budaya Lokal Khas Sunda “

03/11/2022 06:33

Kegiatan Sarling di Kabupaten Ciamis sabet Rekor MURI Festival Egrang di Situs Astana Gede Kawali, , Rabu (26/10/2022).

CIAMIS – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Bunda PAUD Jabar, Atalia Praratya melaksanakan kegiatan Sarling di Kabupaten Ciamis, Rabu (26/10/2022). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Rekor MURI Festival Egrang di Situs Astana Gede Kawali.

Kadisdik menyampaikan, hari ini digelar banyak permainan, ada egrang, termasuk kaulinan barudak dari beberapa daerah. “Tapi, yang lebih penting adalah mengembalikan budaya lokal khas Sunda,” ucap Kadisdik.

Kedua, lanjutnya, permainan ini bagian dari sikap Pancasila. Anak anak memperlihatkan gotong-royong, kerja sama. “Ini bagian kita untuk mengembangkan anak Jabar yang punya pemikiran cerdas, wawasan luas, dan berbudaya lokal,” ujarnya.

Karena, tambah Kadisdik, dampak konkret dari siswa bermain adalah pembentukan karakter, berbasis budaya lokal Jabar. “Silakan siswa punya pemikiran internasional, pintar, cerdas, tapi ke depan tetap siswa yang punya karakter,” pesan Kadisdik.

Deklarasi Sekolah Toleransi

Selain Rekor MURI, juga dilakukan Deklarasi Sekolah Toleransi (antiradikalisme, antihoaks, dan sekolah ramah anak) di SMAN 1 Kawali.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, deklarasi sekolah toleransi sebagai bagian dari upaya Jabar menjaga Pancasila semaksimal mungkin. “Kita adalah provinsi pertama yang memiliki kurikulum antiradikalisme dan terorisme,” ungkapnya.

Salah satunya, lanjut Gubernur, diwujudkan dengan penguatan toleransi. “Jangan ada cerita bully-bully. Saya titip pesan agar guru tidak hanya datang ke sekolah mengajari ilmu saja, tapi merangkul,” tegas Gubernur.

Jika itu bisa dilakukan, tambahnya, sekolah menjadi tempat yang dirindukan, nyaman, penuh inovasi, dan lainnya.

Sedangkan Bunda PAUD Jabar, Atalia Praratya dalam rangkaian Sarling Jabar ke PAUD Al Hidayah Kawali berpesan agar para bunda, ayah, dan guru bekerja sama menghadirkan anak-anak yang sehat, cerdas, ceria di masa yang akan datang.

Kegiatan yang juga dihadiri Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan XIII, Asep Suhendra ini dilanjutkan dengan acara monitoring Sekoper Cinta di SMKN 1 Ciamis . (Red).*

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x