Panglima Santri, Dorong Pemerintah Wujudkan Hak Santri

27/08/2021 07:45

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. UU Ruzhanul Ulum. Foto.dok (Isitemewa).**

BANDUNG, JURNALISBICRA.COM,- Santri adalah merupakan bagian dari anak bangsa, yang memiliki peran sangat strategis dan santri merupakan cikal bakal kyai serta ulama.

Dimana kita tahu, karya dan jasa para kyai serta ulama di negara Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Baik di saat memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan dalam rangka mengimplementasikan Pancasila.

Sejarah membuktikan adanya resolusi jihad, dan siapa yang mengumandangkan resolusi jihad? KH. Hasyim Asy’ari, dan dapat dipastikan sebelum beliau jadi kyai adalah santri.

Kemudian siapa yang mengisi kemerdekaan dan memberikan ilmu keagamaan terhadap bangsa Indonesia?, tentu kyai. Tetapi diakui, sejuah ini santri masih belum mendapatkan hak-haknya dan perhatian layak dari pemerintah. Untuk itu, inilah yang meski kita perjuangkan.

Wakil Gubernur Jawa Barat, H.Uu Ruzhanul Ulum, foto bersama Ketua Pengawas YPSN sekaligus Pimred Tabloid dan JUBIR-TV di Rumdin Wagub Jabar, Jl. Ranca Bentang, No 24, Bandung, Kamis,. (26/08). Foto (Istimewa).**

Hal tersebut dikemukakan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum atau Panglima Santri saat silaturahmi Yayasan Pengabdian Santri Nusantara (YPSN) di Rumdin Wagub Jabar, Jl. Ranca Bentang, No 24, Bandung. Kamis, (26/08/2021).

“Sampai hari ini tidak ada santri demo, minta anggaran dari APBN, minta kode rekening untuk kyai dan pesantren. Tapi anggaran untuk siswa SD, SMP, SMA/SMK Perguruan tinggi dan Kementerian digelontorkan triliyun rupiah. Tetapi untuk santri mana?,” tutur Panglima Santri kang Uu Ruzhanul Ulum.

Oleh karena itu, sebagai panglima santri yang ada di wilayah birokrat dan didalamnya politisi. Ingin memperjuangkan hak-hak santri untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah, kata UU.

“Santri juga anak bangsa, yang tentu memiliki hak yang sama pula untuk dapat menikmati anggaran  pembangunan,” pungkas Wagub Jabar. 

Disinggung soal vaksin, kang Uu mengaku akan mentargetkan 3 juta vaksin untuk santri dan kyai. “Insyaallah, kita dorong ikut program vaksinasi masal di seluruh pesantren,” ujar dia.

Dan Alhamdulillah, sudah tidak ada kontrakdikrif penolakan perihal vaksin di pesantren. Hal inilah yang patut kita syukuri, tutup Wagub Jabar.

Tampak Wagub Jabar, UU Ruzhanul Ulum saat memberikan sembako bersama YPSN di kabupaten Sukabumi. Kamis (26/08/2021).

Sementara itu, Ketua Pengawas YPSN, Wahyudi pihaknya mengaku bersyukur atas semua dukungan yang diberikan dalam kegiatan sosial.

“Luar biasa, Panglima Santri ikut terjun langsung ke lokasi bakti sosial berbagi sembako bahkan di daerah terpencil sekalipun. Ini juga membuktikan kepeduliannya terhadap santri untuk tetap silih Asah, Asih dan Asuh,” kata Ketua Pengawas YPSN yang juga sebagai Pimred JUBIR-TV dan Tabloid JUBIR.

Untuk itu, pihaknya berharap sinergitas terus terjalin. Sehingga YPSN dapat ikut berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita panglima santri.

“Insyaallah, dengan segala upaya kita tetap mendukung program tersebut. Agar kedepan santri dapat mendapatkan hak-haknya di negara tercinta ini,” pungkas dia. (Red).**

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x