Puskesmas Tanjung Raja Gelar Acara Lintas Sektoral Se Kecamatan

20/10/2022 06:45

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA  – Puskesmas Tanjung Raja menggelar rapat lintas sektoral Tahun 2022 yang dibuka oleh Kepala Puskesmas Tanjung Raja, H.Luhut Amin, didampingi oleh Camat Tanjung Raja Lukman Ajis, Kapolsek Tanjung Raja, juga Danramil Tanjung Raja, bertempat di Gedung SMP/SMA Muhamadiyah Tanjung Raja, Rabu (19/10/2022).

Turut hadir dalam acara rutin tahunan tersebut kepala Desa, Lurah, Dokter, bidan serta staf Puskesmas Tanjung Raja.

Munurut Kapus Tanjung raja, saat ini ada tiga permasalahan yang sedang di bahas, yaitu masalah bagai manacaranya agar penyebaran Covid-19 tidak meningkat lagi, kedua masalah Stunting, dan yang ke tiga adalah masalah penyakit demam berdarah yang saat ini sedang meningkat akibat perubahan cuaca atau pancaroba.

“Hari ini kami Puskesmas Tanjungraja menyelenggarakan acara rapat lintas sektoral tingkat kecamatan yang melibatkan semua sektor, baik itu pihak kepolisian dan pihak pemerintah setempat,” katanya.

Lanjut Kapus, tujuannya adalah untuk membahas isu-isu yang saat ini sedang ada seperti, meningkatnya penyebaran virus Corona, Stunting, dan juga penyakit Demam Berdarah.

“Kami berharap semua pihak sektor bisa membantu memberikan informasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan 3M, seperti menguras tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas, dan menutup tempat penampungan air, agar terhindar dari penyakit demam berdarah, untuk pencegahan Stunting di harapkan agar masyarakat menjaga pola makan yang sehat dengan mengkonsumsi empat sehat lima sempurna,” katanya.

Dikatakan, pihaknya kini sedang ada inovasi baru yang di beri nama Cium (Cek laboratorium) untuk melakukan percepatan pertolongan pertama pada penderita, misalnya ada warga yang sedang mengalami demam, dikarenakan tidak mengerti saat ini sedang terjangkit penyakit demam berdarah atau bukan, maka misa melalui henpon,dengan menggunakan aplikasi cek di barkot, setelah itu langsung bisa terkirim ke aplikasi puskesmas, sehinga warga bisa langsung tau saat ini sedang menderita penyakit apa, pungkasnya.

Sementara itu ditempat yang sama Camat Tanjung Raja, Lukman Ajis mengatakan bahwa, walaupun saat ini covid-19 sudah ber angsur mereda, namun harus selalu menjaga 5M yaitu menjaga jarak,memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjada imunitas tubuh Dengan istirahat yang cukup. (Rosita/Heri).*

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x