Kemensos Apresiasi,10.160 Keluarga Miskin Jabar Lulus Jadi Graduasi Mandiri

20/12/2020 22:45

BANDUNG, JURNALIS BICARA.COM,- Sebanyak 10.160 keluarga miskin penerimaan manfaat program keluarga harapan (KPM-PKH) di Jawa Barat dinyatakan lulus atau graduasi sebagai graduasi mandiri selama 2020 ini. Bahkan, keluarga miskin tersebut, saat ini telah berhasil memiliki usaha sendiri dan berkembang.

Kepala Dinas Sosial Jawa Barat Dodo Suhendar, mengatakan sebenarnya jumlah graduasi mandiri sejahtera tersebut bisa lebih banyak. Namun dikarenakan situasi pandemi, jadi hambatan perekonomian KPM-PKH lebih berkembang.

“Alhamdulillah yang graduasi mandiri sejahtera di Jabar diatas 10 ribu. Tahun depan diharapkan ada peningkatan,” ujar Dodo Suhendar.

Perlu diketahui, bahwa jumlah KPM-PKH di Jawa Barat saat ini mencapai angka 1,7 juta KPM, kata Dodo Suhendar. Maka dari itu, diperlukan komitmen bersama semua pihak terkait untuk meningkatkan jumlah graduasi Mandiri Sejahtera.

Setidaknya, jelas Dodo. Mereka yang saat ini termasuk KPM-PKH tidak lebih dari lima tahun. Setelah lima tahun mereka diharapkan bisa mandiri. 

“Makanya, mereka terus kita motivasi melalui pendamping. Dikembangkan kemampuannya, agar kedepan bisa lebih produktif,” kata Dodo Suhendar pada JURNALIS BICARA. Sabtu (19/12/2020).

Diakuinya, pandemi memang sangat  berdampak pada jumlah graduasi. Namun demikian, pihaknya pun tetap optimistis tahun depan dapat dipastikan ada peningkatan jumlah graduasi mandiri sejahtera di Jabar. 

“Memang situasi sulit sekarang ini, serba terbatas. Namun, mereka masih bisa berkarya, tapi perlu diingat harus tetap konsisten, disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan,” paparnya.

Dodo pun memotivasi para KPM dan Pendamping PKH, bahkan menyambut gembira dengan adanya acara PKH Gumbira tersebut.

“Acara gebyar ini merupakan apresiasi bagi KPM yang sudah graduasi, yakni berinisiatif mengundurkan diri dari keikutsertaannya sebagai penerima bantuan. Karena, dirinya merasa sudah mampu mandiri berwirausaha dalam memenuhi kebutuhan keluarga,” tutur Dodo Suhendar.

Sementara itu, Kasubdit Kepesertaan Dirjen Linjamsos Kemensos RI dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Pusat sangat mengapresiasi atas kinerja Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

“Event PKH Gumbira ini, sebagai wujud apresiasi kepada para Pendamping Kabupaten Kota se-Jabar demi menyongsong Akselerasi Graduasi Mandiri Tahun 2021,” jelasnya.

Acara tersebut juga dihadiri, Asisten I Pemerintah Hukum dan Kesejahteraan Sosial Setda Jabar, sekaligus menyerahkan Piala Parta Adikara serta mewakili Gubernur Jabar memberikan motivasi dan apresiasi terhadap event gebyar PKH Gumbira. (Why/JBR)***

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya