Bupati Garut Bertolak ke Jakarta, Pastikan Stasiun Kereta Api Garut Kembali Beroperasi

GARUT- Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyampaikan kabar gembira, Stasiun Kereta Api (KA) Garut yang 30 tahun lebih tidak aktif, akan kembali beroperasi di Bulan Juni mendatang, dan ia berharap bisa diresmikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Garut, saat melakukan telewicara dengan salah satu radio swasta yang ada di Kabupaten Garut, Senin, (26/4/21). Guna memastikan hal itu, hari ini bupati bertolak ke Jakartta melakukan komunikasi dengan PT. KAI (Kereta Api Indonesia) dan Kementerin Perhubungan RI.

“Jadi ini kami sekarang ini ketemu dengan Dirut PT KAI, dan besok saya ketemu dengan Dirjen (Direktorat Jenderal) Perkererta Apian tentang izin ke Garut, Juni ini pasti Juni ini sudah selesai coba lihat ini keadaan stasiun kereta api kita sangat megah sekali, sesuai dengan target dan diharapkan Bapak Presiden bisa meresmikan tempat ini, karena kita sedang membicarakan tentang ada satu gerbong kereta wisata dari Jakarta,” ujar Rudy.

READ ALSO

Ia menyampaikan, rencananya nantinya rute yang ada di Stasiun KA Garut, bukan hanya perjalanan Garut-Cibatu, akan tetapi akan ada rute lain seperti Jakarta-Garut, Garut-Yogyakarta, dan lain sebagainya.

“ini saya sampaikan kepada Masyarakat Garut bahwa jalur ini bukan jalur Garut-Cibatu, bukan, ini adalah jalur dari Jakarta ke Garut, dan dari Garut bisa kemana saja nanti, bisa ke Jogja, bisa ke Surabaya, dan sebagainya, nah kami ini sedang melakukan negoisasi dengan PT. KAI tentang waktunya, jadi sekarang yang kami dapatkan waktunya adalah dari Garut dulu jam 4.30 pagi menuju ke Bandung, untuk menarik mereka-mereka yang bekerja di Bandung,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Jeneponto, H.Iksan Iskandar Didampingi Wabup. H.Paris Yasir Menyerahkan Kunci Rumah dan Piagam Rehabilitasi RTLH

Kereta yang akan digunakan pun, lanjut Rudy, bukan kereta biasa, namun kereta cepat, bahkan menurut Rudy, perjalanan Garut-Cibatu hanya memakan waktu sekitar 20 menit.

“ini adalah kereta cepat, bukan kereta biasa, dari Garut-Cibatu itu hanya memerlukan waktu 20 menit, nah Insya Allah besok (Selasa) kita ketemu dengan Pak Dirjen, untuk memastikan tentang izin operasionalnya,” papar Rudy.

Rudy menuturkan guna menunjang reaktivasi Stasiun KA Garut, pihaknya sudah mulai membersihkan area sekitar Jalan Bank dan Jalan Veteran, terlebih nanti pihaknya akan mengundang orang nomor 1 di Indonesia.

“Hari ini saya ada rapat dengan Direktur PT. KAI di Jakarta, jadi ini sudah mulai dibersihkan, disekitar Jalan Veteran dan juga di Jalan Bank ini sampah sudah tidak ada, ini (nanti) dibuatkan trotoar baguslah, kita akan menghilangkan supaya nanti karena inya Allah kami akan mengundang Bapak Presiden di (bulan) Juni nanti, kalau situasi kondisi memungkinkan,” pungkasnya. (Ags/Jubir).***