SMP Negeri 1 Tanjung Raja Gelar Pemilihan Ketua OSIS Bertema Suara Demokrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

OGAN ILIR – JURNALIS BICARA- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 1 Tanjung Raja menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS Periode 2024/2025, dengan tema Suara Demokrasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Jumlah kandidat 6 orang, yaitu empat orang kandidat putri dan dua orang kandidat putra, mereka berasal dari kelas 7 dan juga kelas 8 SMP negeri 1 Tanjung Raja.

Pemilihan ini di adakan terbuka untuk seluruh warga sekolah SMP negeri 1 Tanjung Raja baik guru atau pun siswa, semua berhak memilih agar bisa menggunakan hak suara mereka masing-masing secara langsung bertempat di SMP N 1 Tanjung Raja Selasa, (23/1/2024).

Menurut ketua pelaksana kegiatan sekaligus pembina OSIS SMPN 1 Tanjung Raja Yunie Aria Wati, Spd, gr. Mengatakan bahwa dari awal pendaftaran calon ketua OSIS sampai tahap akhir pemilihan calon ketua OSIS SMPN 1 Tanjung Raja Alhamdulillah berjalan dengan aman tertib dan lancar.

“Di sekolah kami ada 6 orang calon ketua OSIS yang berasal dari kelas 7 dan juga kelas 8.6 orang kandidat itu masing-masing bernama Wahyu kiransyah, Zaskia Khirana, M.Dwi Andika,Melany Aulia Wijaya, Desi Natalia dan Lovely Hevi Iskandar. Sebelum pemilihan suara di mulai acara dimeriahkan oleh pertunjukan atraksi senam kreasi dari pelajar P5 “, Kata Yunie.

Dikatakannya tahap pertama seluruh siswa di berikan materi tentang Demokrasi, di tahap pelaksanaanya siswa di ajari membuat bilik suara, kotak suara dan juga membuat baner menggunakan aplikasi canva dan juga membuat yel-yel untuk mendukung calon ketua Osis mereka masing-masing.

Di hari jumat kemarin 6 orang kandidat menyampaikan visi dan misi di saksikan oleh seluruh siswa dari kelas 7 sampai kelas 9.alhamdulilah acara pemilihan calon ketua Osis di sekolah kami ini berjalan dengan sukses, semua guru dan siswa antusias untuk mengeluarkan hak suaranya tampa ada guru atau Siswa yang golput, kecuali siswa yang di tidak masuk sekolah hari ini di karena kan sakit.jelasnya.

Baca Juga :  SMPN 6 Indralaya Utara Lepas Siswa Kelas IX Dengan Sederhana

“Selesai mencoblos seluruh salah satu
Jari siswa atau pun guru di berikan tanda tinta, bukti bahwa mereka sudah memilih.Penghitungan hasil suara di lakukan pada hari ini juga selesai jam istirahat makan siang,” .terangnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Tanjung Raja Nawiyah ,Spd. Mengatakan bahwa kegiatan pemilihan ketua Osis Bertemakan Suara Demokrasi.

“Kami hari ini menggelar acara pemilihan calon ketua OSIS ,sesuai dengan P5 yaitu suara Demokrasi, jadi kami serahkan langsung dengan guru pendamping. Kegiatan ini sudah berapa hari berlangsung, dari pembuat kotak suara, orasi penyampaian visi dan misi yang dilakukan pada hari jumat kemarin sampai dengan puncak kegiatan pada hari ini,” Terangnya.

Sengaja kegiatan Ini kami buat sebegitu rupa tujuannya adalah untuk memberikan pelajaran, pengetahuan atau contoh kepada siswa, agar mereka tahu bagaimana cara memilih yang baik disaat usia mereka sudah 17 tahun nanti, Mereka sudah tahu bagaimana cara melakukan pemilihan,baik itu pemilih calon anggota Dewan, gubernur, bupati atau pun presiden.Cara pemilihan nya sama persis dengan pemilihan ketua Osis yang kami selenggarakan di sekolah kami hari ini, beber Nawiyah.

Lanjut Nawiyah Kegiatan ini di selenggarakan selama satu tahun sekali, Tetapi kalau calon ketua Osis yang terpilih berasal dari kelas 7 maka masa jabatannya bukan satu tahun melainkan dua tahun.

Pada hasil akhir pemilihan calon ketua OSIS SMPN 1 Tanjung Raja hari ini , calon ketua OSIS di menangkan oleh calon ketua OSIS nomor urut 2, yaitu Zaski khirana dari Kelas 8 satu.

“Selamat atas terpilihnya Zaskia khirana, saya berharap semoga ketua OSIS yg sudah terpilih bisa menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan bisa berkerja sama untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi, juga bisa menjadi teladan atau contoh yg baik bagi Siswa/i SMPN 1 Tanjung Raja dan mengharumkan nama sekolah SMP negeri 1 Tanjung Raja kedepannya dan bagi yang kalah saya harap jangan berkecil hati, tetap akan kami libatkan di dalam ke Pengurusan Osis” Pungkasnya.