SMAN 1 Tamiang Layang Adakan Pesantren Kilat Dalam Rangka Mengisi Bulan Suci Ramadhan

29/04/2022 14:59

TAMIANG LAYANG, Jurnalisbicara.com – Menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah  Nomor : 421/0852/Disdik/IV/2022 tentang implementasi Penguatan  Pendidikan Karakter di Bulan Ramadhan 1443H/ 2022 SMA Negeri 1 Tamiang Layang laksanakan kegiatan Pesantren Kilat pada hari Kamis 28 April 2022.

Kepala SMA Negeri 1 Tamiang Layang  Istiqomah, S.Pd menjelaskan bahwa Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan sistem pendidikan moral yang dimana tujuannya adalah untuk melatih dan membentuk kemampuan setiap individu secara terus menerus agar kearah hidup yang lebih baik lagi.

Untuk menguatkan nilai-nilai tersebut SMA Negeri 1 Tamiang Layang  melaksanakan Pesantren Kilat dalam rangka mengisi Bulan Ramadhan 1443H/ 2022 ujarnya.

Istiqomah  menjelaskan bahwa pelaksanaan Pesantren Kilat dalam rangka mengisi Bulan Ramadhan 1443H/ 2022 merupakan penerapan  nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Diwujudkan dalam perilaku melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain.

Kepala Sekolah yang murah senyum ini menegaskan implementasi nilai karakter religius ini ditunjukkan dalam sikap cinta damai, toleransi, menghargai perbedaan agama dan kepercayaan, teguh pendirian, percaya diri, kerja sama antar pemeluk agama dan kepercayaan, anti perundungan dan kekerasan, persahabatan, ketulusan, tidak memaksakan kehendak, mencintai lingkungan, melindungi yang kecil dan tersisih ujarnya.

Istiqomah juga memaparkan kegiatan Proses Belajar mengajar di SMA Negeri 1 Tamiang Layang selama Bulan Ramadhan sejalan dengan himbauan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah

Yaitu, Optimalisasi pembelajaran dikelas dan aktifitas yang mmberikan wadah penyaluran bakat dan minat bagi siswa; Meningkatkan peran OSIS sebagai organisasi Siswa dalam menjalankan program kerjanya, yang terukur, terkontrol dan produktif, serta mendukung terwujudnya Visi SMA Negeri 1 Tamiang Layang; melakukan pembinaan bagi siswa siswi agar berprestasi, kompetitif, berkarakter, berakhlak mulia menjadi Pelajar Pancasila paparnya.

Istiqomah  berharap dengan adanya wadah pembinaan mental spiritual, bakat dan prestasi siswa yang sangat memadai dapat menjadikan SMA Negeri 1 Tamiang Layang sebagai kawah candradimuka dalam membentuk Pelajar Pancasila ujarnya diakhir perbincangan. Terus berjuang wujudkan Pendidikan Barito Timur Yang Bermutu dan Berkarakter. (Tri/Jubir).**

Iklan : 

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x