Cetak Generasi Qur’ani,SDIT Cendekia Purwakarta Gelar Wisuda Tahfidzul Qur’an

27/06/2022 07:42

KAB.PURWAKARTA, jurnalisbicara.com – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Cendekia Purwakarta menggelar Wisuda Tahfidzul Qur’an Juz 1,26,27,28,29,dan 30 angkatan ke-5 dengan tema “Menggapai Ridha Allah Dengan Menjaga Al-Qur’an”.

Wisuda yang berlangsung di halaman SD Islam Terpadu Jalan Veteran nomor 96 B Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, menguras emosi para tamu yang ikut menyaksikan, terlebih disaat para peserta didik tersebut memakaikan mahkota kepada orang tuanya masing-masing, Sabtu (25/6/2022).

Menghafal Al Qur’an merupakan kurikulum unggalan di SD Islam Terpadu CENDEKIA Purwakarta dengan target sampe lulus anak bisa mengahafal 5 juz sedangkan muatan nasionalnya sesuai dengan standar kurikulum Dinas Pendidikan dan kebudayaan.

Tampak hadir Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto H.Purwanto,M.Pd. dengan Kasi GTK Rusyana ,M.Pd. kemudian Ketua Yayasan Yasri Purwakarta Ihsan Rijali,S.Psi.M.Pd,
Kepala SDIT Cendekia Purwakarta Ade Syaripudin,S.Pd. ,Ketua Pembina Yayasan Dr.H.Agus Muharam,M.Pd serta turut hadir Wakil Ketua ICMI Pusat Prof. Dr.H.Moh.Najib, M.Pd.

Ketua Pelaksana Wisuda Tahfidzul Qur’an Aman Wijaya,S.Pdi ( Wakil Kepala Sekolah bidang keagamaan ) menjelaskan kegiatan wisuda tahfidzul Qur’an bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. serta untuk motivasi bagi para siswa maupun dan warga sekolah.
Untuk memberikan motivasi, kami memberikan apresiasi kepada santri maupun walis santri. ucap Aman Wijaya.

Dalam hafalan Al-Qur’an dari 65 yang di wisuda ada 6 murid yang terbaik salah satunya bernama Shafira kelas 2 mampu menghapal 2 Juz dalam setahun dan yang terbaik ke dua adalah Teteh Qorri kelas 5. Qorri ini mampu mencapai di hafalan 29 Juz di tambah lagi suaranya yang merdu. juga kami berpesan untuk para santri terus semangat dalam menjaga Al-Qur’an dimulai dari membaca, menghafal dan belajar mengamalkan isi Al – Qur’an. Dan kepada orang tuanya bahwa berinvestasi itu bukan hanya dengan harta saja, namun yang paling berharga adalah berinvestasi menjadikan anak soleh-solehah yang rajin membaca dan menghafal Al – Qur’an. ucap Aman Wijaya kepada Awak media.

Dalam sambutanya , kepala SD Islam Terpadu Cendekia Purwakarta Ade Syaripudin,S.Pd. ,bahwa Wisuda tahfidzul Quran merupakan puncak dari proses pembelajaran alquran yang dimulai dari kegiatan ziyadah, murojaah setiap harinya. Sebelum diputuskan sebagai peserta wisuda setiap siswa harus melewati beberapa tahapapan, salah satunya lulus dalam ujian Tasmik dihadapan tim penguji tasmi’ yaitu dewan Asatidz.

Wisuda tahfidzul Qur’an merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tahun, bertujuan memotivasi siswa siswi dan sebagai bentuk apresiasi terhadap siswa siswi yang telah mengkhatamkan hafalan minimal 1 juz, namun memasuki sampai tahun ini baru dilaksanakan 5 angkatan mengingat adanya musibah pandemi covid-19.Ujar Kepala Sekolah.

Kemudian dalam sambutanya ketua yayasan Yasri Purwakarta Ihsan Rijali,S.Psi.M.Pd,
menjelaskan bahwa semakin tahun peserta wisuda semakin banyak, ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap SD Islam Terpadu Cendekia Purwakarta, disisi yang lain juga menunjukkan semakin establishnya sistem pendidikan alquran yang dikembangkan.

Saat ini SDIT Cendekia menggunakan mushaf al Itqon untuk memudahkan siswa menghafal dan orang tua memantau progres hafalan putra putrinya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Wisuda tahfidzul quran bukanlah tujuan akhir, namun ini adalah wasilah untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al quran untuk selanjutnya belajar mentadabburi seiring dengan perkembangan usia dan pendidikan anak.

Acara Wisuda berjalan dengan hikmad dan disambut antusias yang luar biasa dari walimurid dan tamu undangan, Suasana haru tampak menyelimuti acara, saat peserta wisuda mempersembahkan bunga sebagai ucapan terimakasih kepada orang tua dan dewan asatidz sebagai bentuk ungkapan terimakasih karena mereka bisa sampai pada tahap ini karena dukungan orang tua dan dewan asatidz.

Dengan Adanya Wisuda Tahfidz Qur’an semoga banyak melahirkan generasi Qur’ani yang hebat dan berwawasan. ( Danas )

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x