Pemkab Garut Dorong Hadirnya Kereta Api Logistik

26/05/2022 05:21

GARUT – Pemkab Garut mendorong hadirnya transportasi kereta api khusus pengiriman barang (logistik) yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Hal itu dikemukakan Kepala Disperindag ESDM Garut, Nia Gania Karyana, pada acara Lunch Meeting bersama jajaran Freight Marketing, Sales, and Customer Care PT. KAI, di Ballroom Favehotel, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (25/5/2022). Bersamaan dengan acara itu disosialisasikan pula tentang Pengiriman Barang Dengan Kereta Api,

BACA JUGA :

Bupati Garut Apresiasi APDESI Latih Perangkat Desa dalam Siskedes

Nia Gania Karyana, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT. KAI atas terselenggaranya acara ini, tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Garut tanpa kecuali untuk bisa mengangkut barang-barang melalui jasa transporasi kereta api.

“Jadi tujuan perkumpulan kita disini adalah pertama untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Garut tanpa kecuali untuk bisa mengangkut barang-barang melalui PT. Kereta Api, boleh melalui PT Lintas Nusantara boleh Kereta Api Logistic, jadi silahkan hanya memang di Garut itu _basecamp_nya berada di Leles ya pak,” ujar Gania.

Ia berharap pihak PT. KAI maupun PT. Lintas Nusantara Perdana bisa menyediakan _drop point_ di setiap stasiun yang ada di Kabupaten Garut, guna memudahkan masyarakat dalam pengiriman barang.

“Nah harapan kita, saya sudah menyampaikan baik ke PT. Lintas ataupun kereta api KALOG, kalo KALOGkan ada stasiun, mudah-mudahan bisa buka di stasiun, begitu juga PT Lintas silahkan manfaatkan kesempatan ini,” harapnya.

Ia menegaskan, pemerintah daerah siap mendukung adanya kereta api logistik ini, guna mendukung kemajuan angkutan barang di Kabupaten Garut.

“Tidaknya hanya pelaku usaha, silahkan masyarakat Kabupaten Garut memanfaatkan (pengiriman) melalui kereta api melalui PT. Lintas Nusantara dengan KALOG Express,” tegasnya.

Sementara itu, VP Freight Marketing, Sales, and Customer Care PT. KAI, Riyanta, mengungkapkan bahwa acara hari ini masih tahap sosialisasi, meskipun begitu pihaknya mengajak masyarakat khususnya pelaku industri untuk memanfaatkan pengiriman barang melalui kereta api ini.

“Ke depannya, kita harapannya enggak harus semata-mata bahwa ini tuh akan ada angkutan yang langsung jadi, tapi bisa ditangkap peluang oleh para pelaku industri di Garut bahwa KAI bekerja sama dengan mitra siap mengangkut semua komoditi yang ada di Garut,” katanya.

SEKILAS INFO : 

Ia berharap dengan adanya pengiriman barang melalui kereta api ini, bisa ikut serta memajukan Kabupaten Garut, terutama di angkutan logistik.

“Harapannya pasti kita ingin ikut memajukan Garut ya terutama di angkutan logistik yang tentunya itu juga akan menjadikan nilai tambah buat kami di kereta.” tandasnya.*(Indra).

Rekomendasi Anda

banner-single-post2
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terkini Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x